Pelatihan Mitigasi Bencana Tahap I Kerjasama Pusbindiklatren Bappenas dengan SAPPK ITB

Bandung, 17 September 2012, bertempat di Ruang Seminar Gedung SAPPK Labtek IXA, Dekan Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB, Prof. Dr. B. Kombaitan, didampingi  Ir. Binsar PH Naipospos, MSP., membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Mitigasi Bencana Tahap I Kerjasama Pusbindiklatren Bappenas dengan SAPPK ITB.

Kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana Tahap I diikuti oleh 20 peserta, yang dimulai dari tanggal 17 s.d. 27 September 2012. Peserta pada umumnya barasal dari berbagai instansi  pemerintah yang menangani perencanaan di provinsi (Bappeda, Dinas dan DPRD) dengan mempertimbangkan peserta yang berasal dari daerah yang rawan bencana dan atau tertinggal.

Secara umum pendidikan dan pelatihan ini bertujuan untuk membangun sistem yang terintegrasi dalam penanggulangan bencana dan manajemen pengurangan risiko bencana / mitigasi bencana.

Tujuan khusus pelatihan ini adalah :
1 Agar peserta memahami dan menguasai konsep dasar penanggulangan bencana dan pengurangan risiko bencana.
2. Agar peserta mampu mampu menyusun rencana pembangunan daerah yang mengintegrasikan pengurangan risiko bencana didalamnya.
3. Agar peserta mampu menilai risiko bencana dan mampu menyusun rencana aksi daerah dalam pengurangan risiko bencana di daerahnya.
4. Agar peserta memahami dan mampu menilai kerusakan dan kerugian paska bencana. Peserta memahami dan mampu menyusun perencanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

Keluaran (output) pelatihan :
1. Peserta pelatihan dapat berfungsi sebagai motor/dinamisator dalam peningkatkan kemampuan masyarakat dan aparat pemerintah daerah dalam upaya pengurangan risiko bencana dan penanggulangan bencana.
2. Peserta pelatihan dapat menjadi narasumber dalam pelatihan serupa dan penyusunan Rencana Aksi Daerah Pengurangan Risiko Bencana (RAD-PRB)

Staf pengajar Pendidikan dan Pelatihan Mitigasi Bencana Angkatan I berasal dari berbagai Program Studi (Prodi) dan atau kelompok keahlian/keilmuan dari berbagai program studi antara lain dari Prodi Planologi, Prodi Sipil, Prodi Geofisika dan Prodi Geologi.

Berita Terkait