Visitasi Akreditasi Internasional KAAB 2018


Program Studi Arsitektur SAPPK ITB telah menerima kedatangan tim asesor KAAB (Korean Architecture Accreditation Board) mulai hari Minggu, 16 September sampai dengan Rabu 19 September 2018. Visitasi tersebut dilaksanakan dalam rangka proses perpanjangan status akreditasi Program Profesi Arsitek/PPAr di prodi ini. Tim asesor yang terdiri dari Prof.Em. Sang Jun Lee (Yonsei University), Mr. Young Keun Han dari Archipoly Architecture Studio & corporation, Ms. Heesun Lim dari biro D.A.U (Dossier Architecture Unit), Ms. Yoonhie Lee (Ewha Womans University), Hohyun Park (Hanbat National University) dan Dr. Jinhyuk Lee dari KAAB merupakan gabungan akademisi dan profesional dalam bidang arsitektur. Dalam proses assessment tersebut dinilai pelaksanaan program profesi, yaitu pendidikan arsitektur 5 tahun mulai dari tingkat pertama hingga tahun ke-lima. Oleh karena program profesi PPAr di ITB dilaksanakan terpadu dalam program studi Magister Arsitektur, maka tim asesor menilai proses pendidikan mulai tahun pertama sampai dengan selesai tesis magister di tahun ke-enam.

 Penjelasan prodi kepada KAAB dan diskusi di ruang rapat lantai 2 Arsitektur ITB

Foto 1. Penjelasan prodi kepada KAAB dan diskusi di ruang rapat lantai 2 Arsitektur ITB

Sebagai bagian dari visitasi tersebut, program studi Arsitektur ITB menyiapkan pameran contoh tugas studio dan kuliah seluruh tingkat di ruang galeri gedung arsitektur Labtek IX-B ITB. Selain itu hasil penelitian serta kegiatan mahasiswa dan dosen, seperti sayembara dan sebagainya, dipamerkan di lobby lantai 2 hingga lantai 4. Pameran ini sekarang terbuka untuk umum dan dapat dikunjungi oleh para arsitek yang sedang melaksanakan Munas di Bandung.

Tim asesor memeriksa dan mendiskusikan hasil tugas perancangan mahasiswa arsitektur

Foto 2. Tim asesor memeriksa dan mendiskusikan hasil tugas perancangan mahasiswa arsitektur

Secara umum tim asesor telah menyampaikan apa yang mereka lihat, namum demikian hasil akhir penilaian tim asesor baru akan ditetapkan setelah dilakukan rapat KAAB di akhir tahun ini. Semoga kita mendapatkan hasil terbaik !

Foto 3. Rektor mengunjungi pameran di galeri arsitektur ITB sebelum menerima laporan akhir tim asesor.

Foto 4. Seluruh tim asesor, facilitator, observer, panitia dan dosen berfoto bersama di depan Gedung Lab.Tek IX B Arsitektur ITB, Jalan Ganesha 10 Bandung  setelah visitasi.

Berita Terkait