Seminar Facility Planning and Management Studies

Seminar ini dilaksanakan dalam rangka diseminasi hasil penelitian Facility Management (FM) dan Utilisasi ruang kelas di ITB oleh Ibu. Dr. Linariza Haron dari USM Malaysia yang sedang melaksanakan program Sabbatical di SAPPK ITB. Pada seminar ini, Ibu Linariza bersama sejumlah mahasiswa bimbingannya menyajikan hasil penelitiannya secara sistematis tentang penggunakan ruang kelas umum (RKU) di ITB yang pada umumnya digunakan oleh TPB.

Penelitian utilisasi ruang juga dilaksanakan pada gedung labtek IXB Arsitektur, di mana hasil penelitian dapat memberikan informasi besaran ruang kelas yang tingkat utilisasinya baik dan yang buruk. Kajian ini juga menunjukkan jam-jam sibuk perkuliahan dan jam-jam yang tidak terlalu banyak perkuliahan.

Pertanyaan, komentar dan diskusi cukup ramai pada sesi tanya jawab, dimana tersampaikan berbagai diskusi tentang manfaat strategis dari hasil penelitian utilisasi ruang seperti penghematan energi, perawatan gedung, prestasi mahasiswa, dan lain-lain.

Seminar yang dibuka dan ditutup oleh Dekan SAPPK yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Widjaja Martokusumo berlangsung tepat waktu dan diakhiri dengan foto bersama, ramah tamah dan makan siang bersama Ibu Linariza.

Berita Terkait