Pelatihan Dasar Pengurangan Risiko Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim, Kerjasama SAPPK, Pusat Perubahan Iklim ITB dan University of Hawaii

Pelatihan Dasar Pengurangan Risiko Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim
8 – 12 Agustus 2016
Kerjasama SAPPK, Pusat Perubahan Iklim ITB dan University of Hawaii

Kerjasama antara SAPPK dengan University of Hawaii at Manoa yang sudah berlangsung sejak 2012 berlanjut lagi tahun ini dengan pelaksanaan Pelatihan Dasar Pengurangan Risiko Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim. Kegiatan pelatihan tersebut kali ini dilaksanakan dengan bekerjasama juga dengan Pusat Perubahan Iklim ITB dan berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 8 hingga 12 Agustus 2016.

Pada hari pertama pelatihan ini, pembukaan dilakukan oleh Mr. Harlan Hale dari Kantor USAID/OFDA Jakarta yang menjadi sponsor kegiatan, bersama dengan Dr. Djoko Suroso, Kepala Pusat Perubahan Iklim ITB, dan Dr. Ridwan Sutriadi, Ketua Program Studi Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota ITB, yang hadir mewakili Dekan SAPPK.

Pelatihan ini menghadirkan pemateri dari University of Hawaii at Manoa, seperti Prof. Kem Lowry dan Dr. Keith Bettinger, serta dosen ITB dari berbagai program studi yang terlibat dalam studi kebencanaan dan perubahan iklim. Para pengajar dari ITB di antaranya: Dr. Djoko Suroso, Dr. Harkunti Rahayu, Dr. Tri Wahyu Hadi, Dr. Hamzah Latief, Dr. Tb. Furqon Sofhani, Dr. Saut Sagala, dan Dr. Wilmar Salim.

Peserta pelatihan yang berjumlah 30 orang terdiri dari aparat pemerintah daerah, penggiat LSM, pengajar dan peneliti perguruan tinggi, serta mahasiswa Progam Magister Perencanaan Wilayah dan Kota ITB, jalur konsentrasi Penanggulangan Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim.

Peserta mengikuti pelatihan selama 3 hari berturut-turut di Ruang Pelatihan Lantai 1 Gedung Perpustakaan Pusat ITB, diikuti dengan kunjungan lapangan ke kawasan rawan banjir di Kecamatan Baleendah dan Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung di hari ke-4. Selanjutnya di hari terakhir pelatihan, para peserta mempresentasikan temuan lapangannya di ruang pelatihan yang sama di kampus ITB.

Pelatihan ini ditutup pada hari Jumat sore, 12 Agustus 2016 yang lalu, oleh Dekan SAPPK, Prof. Widjaja Martokusumo dan Kepala Pusat Perubahan Iklim, Dr. Djoko Suroso, dengan memberikan sertifikat kelulusan untuk para peserta.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kerjasama antara ITB dan University of Hawaii dan tentang pelatihan ini, silakan hubungi Dr. Wilmar Salim, pengajar di Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITB.

 

Foto bersama setelah penutupan pelatihan oleh Dekan SAPPK

Kegiatan pelatihan di ruang pelatihan Perpustakaan Pusat ITB

Peserta pelatihan menyusuri Sungai Cikapundung di wilayah Kecamatan Dayeuhkolot.

Berita Terkait