Kunjungan Prof. Chris Silver, University of Florida, Gainsville ke SAPPK ITB

Prof. Chris Silver PhD, Department of Urban and Regional Planning, College for Design, Construction and Planning (DCP), University of Florida (UF) berkunjung ke SAPPK pada tanggal 22 Februari 2019 atas undangan Dekan SAPPK, Prof. Widjaja Martokusumo. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Kaprodi Perencanaan Wilayah dan Kota Dr. Ridwan Sutriadi PhD, Kaprodi Magister dan Doktor Arsitektur dan Rancang Kota Dr.-Ing. Heru W. Poerbo, MURP dan Shanty Yulia Rachmat, PhD (Kelompok Keahlian Sistem Infrastruktur Wilayah dan Kota). Interaksi Prof. Chris Silver dengan ITB sudah dimulai sejak tahun 1992 sebagai Fullbright Senior Lecturer pada Departemen Planologi.

Pertemuan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Dekanat SAPPK dari pukul 09:00-11:00 WIB membahas sejumlah hal strategis, yakni 1) pengajuan gelar kehormatan Honorary Professor ITB a.n. Chris Silver, 2) Rencana pelaksanaan kuliah umum oleh Prof. Chris Silver pada semester II 2018-2019 di SAPPK ITB dan 3) Tindak lanjut kerjasama antara SAPPK ITB dan College for Design, Construction and Planning, University of Florida. Selama satu dekade terakhir telah dilakukan sejumlah kegiatan kerjasama Pendidikan antara lain student exchange, joint studio Pangkal Pinang pada tahun 2015-2016 (https://sappk.itb.ac.id/joint-studio-workshop-penataan-bangunan-dan-lingkungan-pemkot-pangkalpinang-itb-university-of-florida-australia/, https://sappk.itb.ac.id/penandatanganan-nota-kesepahaman-antara-pemerintah-kota-pangkalpinang-dengan-itb-2/ dan https://sappk.itb.ac.id/penandatanganan-naskah-perjanjian-kerjasama-antara-dekan-sappk-itb-kepala-dinas-tata-kota-pangkalpinang/).

Kunjungan ke ITB ini, menjadi langkah awal upaya perpanjangan naskah kerjasama antara ITB dan UF. Pembicaraan lebih lanjut akan dilaksanakan pada awal Maret 2019 bersamaan dengan kunjungan perwakilan dari UF, Dr. Michael Kung. Diharapkan pertemuan ini dapat memperkuat kembali kerjasama akademik dengan University of Florida, serta membuka kembali sejumlah peluang kerjasama dengan institusi pendidikan di Amerika Serikat.

 

Berita Terkait