Joint Studio Bersama ITB, UGM, FH Erfurt di Yogyakarta

Kerja kolaboratif dalam bentuk Joint Studio Desain yang diselenggarakan secara bersama di Departemen Arsitektur dan Perencanaan UGM di Yogyakarta tanggal 5-12 November 2014. Lokakarya satu minggu ini diinisiasi oleh Prof. Dr.-Ing. Widjaja Martokusumo, Program Studi Arsitektur ITB, Ikaputra Ph.D., Dr. Sani Rochansyah dan Dyah Titisari (UGM) dan oleh Prof. Rolf Gruber, Fakultas Arsitektur, FH Erfurt berkaitan dengan rencana mendesain ulang Stasiun Kereta Api Lempuyangan di Yogyakarta yang didesain pertama kali oleh Belanda.

Selain dari persyaratan dasar operasional stasiun kereta api dan perubahan peran dari stasiun kereta api, tugas studio, yang memperkenalkan konsep penggunaan kembali yang adaptif terhadap struktur historis yang ada, juga menantang partisipan untuk menanggapi proposal terbaru skema pembangunan perkotaan terhadap lingkungan sekitar. Ini meliputi integrasi pusat transit masa depan.

Kunjungan lokasi, presentasi dan diskusi dengan perwakilan dari PT KAI juga merupakan bagian dari pengumpulan data dan pemrograman fasilitas dalam lokakarya tersebut. Lokakarya ini diikuti oleh 10 mahasiswa dari ITB, 9 mahasiswa dari UGM dan 11 mahasiswa dari FH Erfurt. Selanjutnya, untuk memperoleh gambaran yang lebih baik tentang Yogyakarta dan sekitarnya, program budaya dan wisata Kotagede juga dilaksanakan oleh pihak UGM sebagai pelengkap lokakarya tersebut.

Berita Terkait