Syukuran berdirinya planologi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang ke-59

Syukuran berdirinya planologi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang ke-59 telah dilaksanakan pada hari ini Jumat, 14 September 2018 di Ruang Seminar, Lt. II Gedung Sugijanto Soegijoko, Jalan Ganesha 10 Bandung, dimulai pukul 09:00 WIB dan dihadiri oleh Pimpinan SAPPK, Pimpinan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota [PWK], Guru Besar, Staf Pengajar, Alumni, serta sejumlah mahasiswa Magister dan Doktor.

Ketua Program Studi Magister, Ibnu Syabri, B.Sc., M.Sc., Ph.D. membuka acara tersebut dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Dekan SAPPK, Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo, dilanjutkan penyampaiaan pesan-pesan dari Miming Miharja, ST., M.Sc.Eng., Ph.D. mewakili staf pengajar [Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni, dan Komunikasi ITB], Bapak Ir. M. Syarif Puradimadja dan Ibu Ir. Myra P Gunawan, MSP. mewakili dari alumni. Secara simbolis pemotongan tumpeng dilaksanakan oleh Prof. Dr. Ir. Djoko Sujarto, M.Sc [sesepuh Planologi ITB] yang diserahterimakan kepada Dekan SAPPK, acara dilanjutkan dengan ramah tamah. Dirgahayu Planologi ke-59.

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota merupakan salah satu program studi yang berada dalam SAPPK (Sekolah Arsiterktur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan) ITB. Bertolak dari kebutuhan perencanaan dan ruang lingkupnya semakin luas dan kompleks, maka September 1959 didirikan Tata Pembangunan Daerah dan Kota (TPDK).

Untuk jenjang pendidikan lanjut tahun 1982 didirikan Program Magister Perencanaan Wilayah dan Kota bekerja sama dengan Development Planning Unit, University Colledge London. Tahun 1986 dibentuk Program Doktor Perencanaan Wilayah dan Kota.

Saat ini Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota menyelenggarakan program Double Degree bekerja sama dengan Rijk University Groningen (RUG-Belanda), ITC Belanda dan beberapa perguruan tinggi di Jepang (Kobe, Keio Ritsumeikan, GRIPS, Miyazaki, Yamaguchi).

 

Kegiatan Ramah Tamah Peringatan 53 Tahun Planologi tahun 2018

Berita Terkait