Silabus 2013 Program Studi Magister Arsitektur

SILABUS DAN SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)
NO KODE MATA KULIAH Silabus Ringkas
1  AR5190  Studio I Mata kuliah ini melatih kemampuan untuk memahami Kerangka acuan untuk kemudian dapat menyusun proposal arsitektur yang baik yang merupakan tanggapan terhadap kerangka acuan. Mata kuliah ini juga   melatih merancang bangunan / kumpulan bangunan yang memberi penekanan pada aspek perkotaan dan lanskap. Dimulai dengan memahami standar dan kaidah aspek perkotaan terutama yang bekaitan dengan budaya, iklim , pergerakan dan lanskap, sehingga mampu menyusun konsep perancangan, dan mengembangkannya hingga pra rancangan.
2  AR5290  Studio II Mata kuliah ini melatih kemampuan untuk mengidentifikasi tema atau isu tertentu dan menurunkan parameter dari tema dan isu tersebut. Mahasiswa akan dihadapkan pada suatu persoalan rancangan dimana mahasiswa diminta untuk mengeksplorasi, mengidentifikasi dan merumuskan tema tertentu. Mata kuliah ini juga melatih merancang bangunan / kumpulan bangunan yang memberi penekanan pada nilai tambah  desain terhadap lingkungan  dan manusia serta memiliki aspek kebaruan dalam  desain.
3  AR5141  Metodologi Penelitian Kuliah membahas metodologi riset baik kualitatif maupun kuantitatif;serta memberikan pemahaman tentang kerangka dan prosedur perancangan arsitektur
4  AR5213  Teori dan Kritik Arsitektur  Mata kuliah ini memberikan pendalaman pengetahuan tentang teori arsitektur kontemporer arus utama, alternatif perspektif  kritis, dan penguasaan metode untuk mendukung keterampilan mahasiswa dalam kritik arsitektur dan lingkungan binaan.
5  AR5241 Perumahan dan Perkotaan Kuliah ini membahas perkembangan masalah perancangan perumahan sebagai suatu sistem spasial bagian dari perencanaan perkotaan. Kuliah menekankan pada konsep-konsep perancangan perumahan dan penerapannya dalam kaitan memecahkan persoalan perencanaan perkotaan baik di negara maju maupun di negara berkembang.
6  AR6151  Arsitektur, Pembangunan dan Budaya Indonesia Kuliah ini membahas arsitektur sebagai wujud dari tindakan pembangunan tempat, yang tanggap terhadap budaya dan penciptaan budaya. Budaya dilihat sebagai proses komunitas, dalam kaitannya dengan penggunaan dan pemanfaatan ruang dan peran arsitektur dibahas sebagai fasilitator budaya komunitas dan sebagai agen perubahan.
7  AR5150 Riset Tematik I Kajian teoritik kasus-kasus penting dalam arsitektur dan lingkungan binaan, yang dilaksanakan dalam bentuk : Penerapan secara konseptual dalam perancangan arsitektur dan lingkungan binaan, yang dipilih sesuai dengan jalur bidang keilmuan. Penelitian berdasarkan preseden dan sumber-sumber sekunder dengan tajuk yang dipilih sesuai dengan jalur bidang keilmuan.  
8  AR5250 Riset Tematik II Memberikan pembelajaran dalam perumusan masalah riset dari konsentrasi topik riset, pelaksanaan riset sederhana, dan penyusunan masalah riset untuk proposal thesis.
9  AR5142 Analisis Data Kuliah memberikan pengantar metode-metode analisis data yang sering digunakan dalam penelitian arsitektur, secara konseptual dan contoh terapannya dalam penelitian arsitektur. Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui pilihan-pilihan metode analisis yang dapat digunakan, dan memiliki bekal untuk belajar mandiri metode penelitian tertentu yang secara langsung diterapkan dalam penelitian tesisnya.
10  AR6242 Proyek Pembangunan Lingkungan Binaan Menguraikan dan membahas jenis-jenis proyek pembangunan, baik yang diselenggarakan sektor publik maupun privat, yang terkait dengan lingkungan binaan (perumahan, permukiman, perkotaan, perdesaan)
11  AR5242 Analisis Lingkungan Binaan Beberapa metoda analisis untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan permukiman, kualitas permukiman, tingkat integrasi dan segregasi permukiman, kebutuhan serta demand perumahan.
12  AR6142 Perancangan dalam konteks transformasi Kuliah ini memperkenalkan potensi serta dampak dari perubahan lingkungan permukiman yang ditimbulkan oleh suatu rencana pembangunan dan rancangan suatu tempat yang diputuskan oleh aktor atau aktor aktor pembangunan perumahan dan permukiman berdasarkan kekuatan pasar dan atau rencana pembangunan formal.
13  AR6131 Arsitektur Kontemporer Dunia Mata Kuliah ini memberikan pengenalan  berbagai gerakan di dalam arsitektur sebagai moda produksi budaya yang berkaitan luas dengan paradigma berpikir, konsep epistemologis, spirit jaman, dan kondisi sosial-politik yang dominan dalam masyarakatnya.
14  AR5231 Arsitektur Vernakular Indonesia Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang kerangka teoritis dan metodologis tradisi arsitektur vernakular, serta wawasan tentang khasanah tradisi arsitektur vernakular di Indonesia.
15  AR6223 Ekonomi Pengembangan Proyek Kuliah ini mempelajari aspek ekonomi dalam pengembangan proyek  serta melatihkan beberapa keahlian (skill) yang terkait dalam pengembangan proyek
16  AR6121 Teknologi Bangunan Bambu Kuliah ini ditujukan untuk memberikan wawasan tentang bambu sebagai bahan bangunan dalam segala aspek dan bentuknya, prinsip-prinsip dasar konstruksi bambu, baik bambu utuh maupun bahan lain berbasis bambu.
17  AR5121 Arsitektur dan Teknologi Pada kuliah ini dipelajari arsitektur sebagai produk teknologi, di mana  berbagai inovasi dan perkembangan teknologi tersebut dapat memunculkan arsitektur yang baru
18  AR5122 Arsitektur Digital Kuliah ini ditujukan untuk memberikan wawasan pengetahuan tentang teori komputasi dalam perancangan arsitektur, memberikan pemahaman prinsip kerja software-software pencipta bentuk, BIM, analisis bangunan dan lingkungan, serta prototype dan fabrikasi.
19  AR6095 Studi Independen Mata kuliah ini memberikan pengetahuan bagi mahasiswa dalam menyusun rencana tesis dan dalam melakukan kajian untuk mendalami pengetahuan yang diperlukan dalam menyusun tesis
20  AR6112 Budaya Lokal dalam Perancangan Arsitektur Mata kuliah ini berisi serangkaian pengetahuan tentang pengembangan potensi budaya lokal melalui perancangan arsitektur, yang dibahas melalui empat isu pokok: budaya lokal sebagai daya saing, peran perancangan dalam mentransformasi produk budaya, berbagai pendekatan perancangan berbasis budaya lokal, dan tinjauan kasus.
21  AR5212 Etika Profesi Mata kuliah ini membahas berbagai aspek tentang profesi arsitek, khususnya mengenai etika arsitek, dan hukum yang terkait dengan profesi arsitek dengan mempelajari kasus-kasus yang pernah ada maupun yang mungkin terjadi terkait dengan keprofesian arsitek
22  AR5211 Pemrograman  Fasilitas Pada kuliah ini diperkenalkan  berpikir ‘Master Planning’ pada perancangan  arsitektur. Mahasiswa diharapkan sadar akan adanya batasan batasan serta tujuan yang spesifik, komprehensif,  dan berkelanjutan yang harus dipenuhi dalam proses perancangan yang dikembangkan dari suatu kegiatan utama.
23  AR6054 Topik Khusus Kuliah membahas dimensi dari place yang melibatkan interaksi antara manusia dan tempat mitigasi bencana dalam arsitektur, visioning dalam pembangunan perumahan dan pemukiman serta bangunan hijau.
24  AR6099 Tesis Mahasiswa mengerjakan proyek akhir desain atau penelitian, dengan arahan dan pengawasan dari pembimbing untuk mengontrol kualitas dan kompetensi yang akan dicapai, berupa kemampuan bekerja secara mandiri dan pemahaman persoalan perancangan/penelitian secara mendalam.

Berita Terkait