Silabus 2013 Program Studi Magister Rancang Kota

SILABUS DAN SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)
No Kode Matakuliah Silabus Ringkas
1  RK5100  Studio Rancang Kota I  Mata kuliah ini memberikan pengetahuan/ketrampilan dasar dalam merancang, termasuk standar teknis perancangan, tipologi bentuk/fungsional bangunan dan  elemen rancang kota kedalam tugas baca, tugas evaluasi objek/kawasan kota dan merancang berbasis evaluasi.
2  RK5111  Prinsip-prinsip Rancang Kota  Mata kuliah ini memperkenalkan beberapa pendekatan untuk mengapresiasi, mengevaluasi dan melatih bagaimana menyusun prinsip-prinsip perancangan yang berperan dalam perancangan site planning lahan dan membentuk ruang urban yang berkualitas, sekaligus memberikan pengetahuan standar keamanan keselamatan lingkungan, pertimbangan infrastruktur, lanskap kota dan pengendalian rancang kota
3  RK5112  Metode Perancangan Kota  Mata kuliah ini memberikan pengetahuan/ketrampilan dasar dalam merancang, termasuk standar perancangan, tipologi bentuk/fungsionalbangunan dan  elemen rancang kota yang dituangkan kedalam serangkaian tugas merancang kawasan kota, dengan pendekatan eksploratif dan/atau tematik
4  RK5131  Sejarah dan Teori Rancang Kota  Mata kuliah ini mengajarkan latar belakang kesejarahan dari terbentuknya kota dan berbagai teori rancang kota yang pernah dikembangkan agar mahasiswa memiliki wawasan teoritik dan kepekaan atas perancangan yang kontekstual.
5  RK5200  Studio Rancang Kota II  Studio Pengembangan tapak menekankan pelatihan kepada mahasiswa agar memahami dan menguasai dasar-dasar pertimbangan pengembangan lahan sebagai bagian dari proses perancangan kota. Pada studio ini mahasiswa akan melakukan proses pengembangan tapak secara lengkap pada kawasan yang dipilih.
6  RK6100  Studio Rancang Kota III  Studio ini melatih mahasiswa untuk menyelesaikan persoalan perkotaan yang spesifik dengan pendekatan yang bersifat spekulatif dan teoritik. Metoda yang digunakan bersifat eksploratif baik dalam mendekati persoalannya maupun  dalam mengembangkan rancangannya.
7  RK6111  Metode penelitian  Mata kuliah ini mengajarkan kerangka dan prosedur penelitian kuantitatif dan kualitatif, serta membahas ragam penelitian di bidang rancang kota. Mata kuliah ini melatih mahasiswa agar dapat menyusun proposal tesis.
8  RK6090  Tesis Rancang Kota  Tesis dalam Program Magister Rancang Kota memungkinkan tiap mahasiswa untuk memilih jenis tesis yang akan diambil berupa tesis desain atau tesis riset. Kedua tesis ini memiliki sifat, proses dan cara penulisan yang berbeda. Keduanya diharapkan memiliki kekokohan dalam hal riset, namun dalam bentuk yang berbeda. Tesis desain berorientasi pada proyek dan pemecahan masalah, sedangkan tesis riset berorientasi pada pengujian sebuah proposisi atau tesis mengenai suatu persoalan yang relevan dengan persoalan Rancang kota. Tesis dilakukan dengan riset sebagai bahan dasar pengambilan keputusan rancangan yang diajukan dalam tesis RK. Riset dalam Tesis desain diperlukan untuk memberikan arahan tema pendekatan desain, dan sebagai sarana untuk memperkuat argumentasi dalam keputusan-keputusan desain. Dengan demikian setiap keputusan desain harus berdasarkan riset episodik yang gayut
9  RK5211  Studi Kasus dalam Rancang Kota  Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pembelajaran tentang beragam tipologi produk perancangan kota melalui pembahasan beragam studi kasus terbaik lengkap dengan analisa proses dan metodologi perancangan baik di level nasional maupun internasional.
10  RK6112  Pengendalian Rancang Kota  Mata kuliah ini memberikan pendekatan dan prosedur teknis, hukum dan administrasi untuk penyusunan perangkat pengendalian dalam perancangan dan pembangunan kota.
11  RK5212  Konservasi Lingkungan Perkotaan  Mata kuliah ini membahas prinsip dan peran konservasi sebagai bagian dari perencanaan/perancangan kota dalam konteks transformasi dan modernisasi. Melalui kasus-kasus, kuliah juga mendiskusikan mekanisme penetapan signifikansi, pengelolaan serta pengendalian kawasan perkotaan.
12  RK5213  Topik Khusus dalam Rancang Kota  Kuliah ini membahas fenomena urbanisme dari perspektif arsitektur. Kuliah ini berisi tinjauan mengenai arsitektur kota, teori-teori dasar mengenai tempat kota (urban place) dari perspektif konstruksi sosial, dan berbagai kasus urbanisme dan peran arsitektur di dalamnya.

Berita Terkait