Silabus 2013 Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota

SILABUS DAN SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)
NO KODE MATA KULIAH Silabus Ringkas
1 PL5101 Metoda Analisis Perencanaan Mempelajari Metoda Analisis dalam menjalankan proses perencanaan dan penelitian di bidang perencanaan, baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif.
2 PL5102 Sumber Daya dan Lingkungan Mata kuliah wajib ini menjabarkan pemahaman dasar tingkat lanjut mengenai  lingkungan hidup, sifat alamiah, ekologi yg perlu dikenali seperti klimaks, adaptasi, resiliensi, juga termasuk komunitas masyarakat, sebagai perspektif, dan dasar pertimbangan ketika akan melakukan perencanaan wilayah dan kota.  Dalam kuliah ini akan dijabarkan perspektif, orientasi, konsep, dan analisis lanjutan mengenai konsep lingkungan hidup, dan konsep masyarakat manusia yg bergantung hidupnya terhadap lingkungan hidup. Tiga per tempat dari kuliah ini berisikan mengenai lingkungan hidup dan konsep ekonomi, sumber daya, sebagai bagian penting dalam lingkungan hidup. Seperempat lainnya digunakan untuk menjabarkanm mengenai masyarakat berisiko, perannya dalam penggerak konservasi lingkungan hidup dalam hubungannya dengan pembangunan
3 PL5103 Ekonomi Spasial Matakuliah ini mengkaji secara mendasar bagaimana analisis ekonomi dapat membantu kita memahami bagaimana kota dan wilayah berfungsi.
4 PL5111 Perencanaan Pembangunan  Kota Matakuliah ini memberikan pengetahuan dan pemahaman  tentang  kota dan perkotaan, pembangunan  perkotaan, serta  perencanaan  pembangunan  kota  dalam  konteks Indonesia.,  melalui pembahasan terhadap  pengertian dasar/konsep, karakteristik  dan  masalah perkotaan; pengembangan struktur dan pola  ruang kota; serta proses  teknis /prosedur  perencanaan pembangunan kota  yang dan prakteknya di Indonesia.
5 PL5121 Pengembangan Wilayah Matakuliah dasar perencanaan pengembangan wilayah yang membekali mahasiswa dengan pokok bahasan-pokok bahasan mengenai pengertian dasar serta esensi pengembangan wilayah, teori-teori pertumbuhan wilayah, konsep-konsep pengembangan wilayah, dan kasus-kasus pengembangan wilayah di Indonesia
6 PL5131 Sistem Infrastruktur dan Transportasi Konsep dasar tentang karakteristik pergerakan barang dan penumpang, keterkaitan komponen-komponen dalam sistem transportasi dan konsep dasar perencanaan transprtasi.
7 PL5141 Tata Kelola Perkotaan Kuliah ini membekali mahasiswa dengan konsep manajemen perkotaan dalam konteks pembangunan berkelanjutan dikaitkan dengan realita pengelolaan kota di Indonesia beserta dinamikanya.
8 PL5104 Pengantar Mitigasi Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim (3 SKS) Kuliah ini memberikan pengantar dan dasar-dasar konsep, teori dan praktik terkait mitigasi bencana dan adaptasi perubahan iklim dalam keilmuan perencanaan wilayah dan kota. Kuliah  ini akan membahas tentang bencana secara komprehensif  disertai dengan berbagai contoh-contoh kasus bencana yang terjadi di Indonesia dan negara-negara di Asia.
9 PL5105 Perencanaan  Wilayah dan Kota Secara keseluruhan materi meliputi: Struktur, dinamika pertumbuhan, produk perencanaan serta kebijakan yang terkait dengan kota dan wilayah
10 PL5201 Teori Perencanaan Kuliah ini membahas unsur-unsur utama yang dikandung dalam perencanaan dari beragam perspektif.
11 PL5202 Kelembagaan dan Pembiayaan Pembangunan Mata kuliah ini menelaah dan meninjau upaya-upaya berkelanjutan dalam mengadministrasikan, melembagakan, dan membiayai pembangunan, khususnya menciptakan perencanaan pembangunan sebagai kegiatan efektif yang dilaksanakan pemerintah (sektor publik) bersama-sama peran stakeholders pembangunan lainnya.
12 PL5203 Metode Penelitian Lanjut Kuliah ini menjelaskan bagaimana melakukan penelitian dalam konteks perencanaan wilayah dan kota.
13 PL5211 Studio Perencanaan Pembangunan Kota Studio Perencanaan Pembangunan Kota membahas tahapan, metoda dan intervensi pada ruang kota
14 PL5221 Studio Pengembangan Wilayah Studio Pengembangan Wilayah merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mempelajari, menerapkan teori, konsep dan prosedur perencanaan wilayah dalam Perumusan atau Revisi Rencana Wilayah Kasus.
15 PL5231 Studio Perencanaan Sistem Infrastruktur dan Transportasi Kuliah ini bertujuan mengembangkan pengetahuan dan kecakapan mahasiswa dalam merencanakan pengembangan infrastruktur dan transportasi di sustu wilayah/kota. Pelaksanaan studio dimulai dengan pemilihan wilayah studi dan topik untuk selanjutnya dielaborasi melalui pengumpulan data, analisis serta penyusunan rencana
16 PL5241 Studio Tata Kelola Wilayah dan Kota Kuliah ini pada dasarnya mengintegrasikan pengetahuan yang diterima mahasiswa ke dalam praktek perencanaan, khususnya tata kelola dan pembiayaan untuk mengatasi masalah-masalah kongkrit di masyrarakat
17 PL5204 Studio Mitigasi Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim Kuliah ini memberikan  latihan-latihan komprehensif di dalam menggunakan konsep, teori dan diskusi di dalam menyusun rencana pengurangan risiko bencana dan adaptasi perubahan iklim, termasuk didalam kegiatannya adalah perumusan masalah, pengumpulan data, analisis dan perumusan kebijakan.
18 PL6111 Perencanaan Fasilitas Perkotaan Memberikan pemahaman terhadap teori-teori dan konsep-konsep  perencanaan fasilitas perkotaan
19 PL6112 Pengembangan Lahan dan Perumahan Matakuliah ini mebahas berbagai aspek dalam pengembangan lahan dan perumahan, terutama yang terkait dengan  masalah keterjangkauan masyarakat berpendapatan rendah di perkotaan. Matakuliah membahas proses pengembangan lahan dan perumahan, perlaku pengembangan, dan berbagai masalah dan konflik dalam  penyediaan perumahan bagi masyarakat berpendapatan rendah.
20 PL6113 Topik-topik Kontemporer dalam Pembangunan Perkotaan Matakuliah ini memberikan pengetahuan dan pemahaman  tentang berbagai isu pembangunan perkotaan dewasa ini sebagai konteks dalam perencanaan perkotaan. Berbagai isu  terkait dengan kecenderungan pertumbuhan perkotaan  terutama  di negara berkembang  yang menghadapi tantangan  secara demografis, lingkungan, ekonomi, sosio-spasial, dan institusional.
21 PL6121 Pembangunan Perdesaan Kuliah ini menjelaskan permasalahan dan karakteristik perdesaan, perspektif dan pendekatan pembangunan perdesaan, serta berbagai isu tentang perdesaan, perencanaan dan pembangunan
22 PL6122 Urbanisasi dan Mobilitas Penduduk Kuliah ini menjelaskan fenomena urbanisasi dan mobilitas penduduk serta hubungan antara keduanya dan perkembangan wilayah.  Urbanisasi dilihat sebagai transformasi wilayah atau lokalitas  menjadi entitas urban di mana mobilitas desa-kota berperan penting.  Kuliah juga menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses tersebut, dampak-dampaknya serta implikasi perencanaannya.
23 PL6123 Topik-Topik Kontemporer dalam Pengembangan Wilayah Kuliah menjelaskan evolusi pemikiran dan  konsep dalam pengembangan wilayah dari semula yang berbasis pada sumber daya alam (comparative advantage)  kepada yang berbasis pada penguatan aktor  termasuk institusi (competitive advantage)
24 PL6131 Metode Analisis Perencanaan Infrastruktur dan Transportasi Kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang prinsip dasar pemodelan transport serta pengenalan berbagai metoda analisa sistem transportasi
25 PL6132 Perencanaan Infrastruktur dan Transportasi Konsep dasar tentang karakteristik pergerakan barang dan penumpang, keterkaitan komponen-komponen dalam sistem transportasi dan konsep dasar perencanaan transprtasi.
26 PL6133 Pengelolaan  Infrastruktur dan Transportasi Perkuliahan ini membahas konsep pengelolaan infrastruktur dan transportasi, sistem operasi pelayanannya,  sistem kelembagaan dan perundangan yang terkait  serta beberapa inovasi yang dilakukan pada berbagai kasus
27 PL6141 Manajemen Konflik Kuliah ini membahas pengenalan dan pemahaman tentang teori, konsep, prinsip dan teknik manajemen konflik dalam pengelolaan pembangunan, baik di negara-negara maju maupun berkembang, terutama untuk kasus-kasus penataan ruang di (perkotaan) Indonesia.
28 PL6142 Analisis Kebijakan Publik Mata kuliah ini dirancang untuk menyediakan mahasiswa pemahaman dan pengalaman dalam menyusun analisis pengembangan kebijakan. Analisis kebijakan merupakan seni, kerajinan dan ilmu dalam memberikan masukan pemecahan masalah terhadap manajer, pembuat kebijakan, dan penduduk.
29 PL6143 Manajemen Lahan Perkotaan Matakuliah ini memberikan pengetahuan dasar, konsep, perangkat, teknik dan latihan untuk mengelola lahan dalam mencapai tujuan yang ditetapkan ataua memecahkan persoalan yang dihadapi pada lokasi yang diinginkan, waktu yang tepat, dan biaya yang terjangkau.
30 PL6101 Adaptasi dan Mitigasi berbasis Komunitas Kuliah ini memberikan pengantar dan dasar-dasar konsep pengurangan risiko bencana yang berbasis komunitas.  Kuliah  ini akan menggunakan konsep utama terkait dengan ketahanan masyarakat di dalam konteks mitigasi bencana, pembahasan akan berfokus pada persepsi risiko dan pengurangan risiko bencana berbasis komunitas (PRBBK).
31 PL6102 Teknologi Informasi dan Geo-spasial dalam Manajemen Bencana Kuliah ini memberikan penjelasan perkembangan dan penggunaan teknologi informasi dan geospasial sebagai alat analisis dan penunjang manajemen bencana.
32 PL6103 Adaptasi dan Kebijakan Perubahan Iklim Kuliah ini akan memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang mengapa adaptasi perubahan iklim menjadi hal yang sangat penting di pertimbangkan di dalam kebijakan pembangunan dan perencanaan. Kuliah ini juga akan membahas berbagai kebijakan Indonesia dan perkembangan kebijakan iklim di Tingkat Internasional.
33 PL6104 Ekonometrika Spasial Kuliah ini memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa dalam pemanfaatan metode ekonometrik dan penyusunan model ekonometrika yang khusus ditujukan pada masalah ketergantungan dan heterogenitas spasial yang lazim ditemui dalam data “cross-sectional” dan panel yang mengandung elemen lokasi geographis.
34 PL6105 Pembiayaan Publik Perkotaan Kegagalan pasar dan intervensi pemerintah
35 PL6106 Pemodelan Perencanaan Wilayah dan Kota Kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang prinsip dasar pemodelan transport serta pengenalan berbagai metoda analisa sistem transportasi
36 PL6107 Perencanaan Perwilayahan Perindustrian Mempelajari proses perencanaan infrastruktur di kawasan industri
37 PL6108 Perencanaan Infrastruktur Kawasan Industri Kuliah ini memberikan pemahaman akan infrastruktur sebagai sistem dari perspektif perencanaan wilayan dan kota  sehingga mahasiswa dapat mengerti karakteristik, perilaku dan kinerja infrastruktur untuk dapat dijadikan masukan dalam perencanaan kawasan industri
38 PL6001 Tesis Mata kuliah ini merupakan syarat akhir mahasiswa program S2 untuk menyelesaikan studinya di Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota
39 PL5296 Studio Perencanaan Tujuan utama dari matakuliah PL 5296 Studio Perencanaan ini adalah untuk memberikan pelatihan bagi mahasiswa program Double Degree bidang Perencanaan Pembangunan dan Manajemen Infrastruktur tentang proses dan implikasi perencanaan infrastruktur. Kemampuan merencana mahasiswa akan berkembang lebih baik apabila terlibat langsung dalam suatu studi kasus.

Berita Terkait