Silabus 2013 Program Studi S1 Arsitektur

Mata Kuliah Tingat TPB

KODE KULIAH NAMA KULIAH SILABUS SINGKAT
MA1101 Matematika IA Sistem Bilangan Real, Pertaksamaan, Fungsi dan Limit, Turunan, Penggunaan Turunan, Integral, Penggunaan Integral dan Fungsi Transenden
FI1102 Fisika Dasar IB Kinematika Benda Titik, Gerak Relatif, Dinamika Benda Titik (hukum-hukum Newton dengan konsep gaya, usaha dan energi, impuls dan momentum, hukum-hukum kekekalan), Osilator Harmonik, Dinamika Sistem Benda Titik (pusat massa, gerak dengan massa berubah), Gerak Rotasi (momentum sudut, rotasi benda tegar dengan sumbu tetap), Statika dan Dinamika fluida, Termofisika (teori kinetik gas, kalor dan usaha, hukum I termodinamika mencakup siklus, efisiensi, siklus Carnot)
KI1102 Kimia Dasar IB Unsur, senyawa dan tabel periodik, konsep mol, rumus empiris, rumus molekul, pereaksi pembatas, rendemen dan stoikiometri, reaksi kimia (asam-basa dan redoks) dalam larutan, struktur molekul, atom dan mekanika kuantum, ikatan kimia, struktur dan teori ikatan, wujud zat, diagram fasa, sifat gas, gaya antar molekul, dan termokimia kimia.
KU1101 Pengantar Rekayasa & Desain I
KU102X Bahasa Inggris (KU1021/1022/1023)
AR1101 Dasar Perencanaan dan Perancangan Mata kuliah ini memperkenalkan dasar-dasar pengetahuan, proses dan prospek dalam bidang perencanaan wilayah & kota (PWK) dan perancangan
arsitektur
KU1001 Olah Raga Pada kuliah ini mahasiswa dibekali pengetahuan tentang pentingnya berolahraga dengan diberikan teori tentang kesehatan, Kebugaran jasmani, dan Olah raga, Gizi olah raga, Prinsip-prinsip Pelatihan, dan Latihan Kondisi Fisik sehingga saat kuliah praktek mampu berolahraga dengan benar dan tujuan pelatihan dapat tercapai.
KODE KULIAH NAMA KULIAH
MA1201 Matematika IIA Teknik Pengintegralan, Bentuk tak tentu dan Integral tak wajar, Deret Takhingga, Geometri di Bidang dan Ruang, Turunan di Rn , Integral Lipat Dua, Persamaan Diferensial Biasa.
FI1202 Fisika Dasar IIB Elektrostatik (medan dan gaya listrik), Hukum Gauss, Energi Potensial Listrik, Potensial Listrik, Kapasitor, Magnetostatik, GGL Induksi Magnetik, Arus Bolak-Balik, Gelombang Elektromagnetik, Fisika Modern, Fisika Atom
KI1202 Kimia Dasar IIB Larutan ideal, sifat koligatif, larutan elektrolit dan non-elektrolit, kuosien reaksi, tetapan kesetimbangan, prinsip Le Chatelier, faktor yang mempengaruhi kesetimbangan, energi bebas Gibbs dalam kesetimbangan, hukum laju, orde reaksi, waktu paro, faktor yang mempengaruhi laju reaksi, mekanisme reaksi, teori tumbukan dan keadaan transisi, teori asam-basa, pH, larutan penyangga, hidrolisis, reaksi asam-basa, Ksp, sel Volta, potensial reduksi standar, notasi sel, persamaan Nernst, sel elektrolisis, hukum Faraday, partikel penyusun inti atom, hukum laju peluruhan, waktu paro, tetapan laju peluruhan, reaksi inti fisi dan fusi, cacat massa, aplikasi radionuklida.
KU1201 Pengantar Rekayasa & Desain II
KU1011 Tata Tulis Karya Ilmiah Mahasiswa mendapatkan materi ejaan; tata kata; tata kalimat; istilah, silogisme, dan definisi; paragraf; perancangan karya tulis ilmiah; penyusunan kerangka; komponen karya tulis ilmiah; serta konvensi naskah.
PL1202 Teknik Komunikasi dan Presentasi Matakuliah ini memberikan pemahaman teknik komunikasi dan presentasi grafis; tertulis dan lisan. Komunikasi dan presentasi grafis mencakup komunikasi dan presentasi dasar [garis, huruf, warna]; grafik dan diagram;
sketsa, perspektif dan orthogonal; fotografi. Komunikasi dan presentasi tulisan mencakup tulisan argumentatif dalam menulis essay/artikel. Komunikasi dan presentasi lisan mencakup strategi presentasi dan penggunaan berbagai alat bantunya.
KU1072 Pengenalan Teknologi Informasi B
SILABUS DAN SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)
NO KODE MATA KULIAH Silabus Ringkas
1  AR 1101 Dasar Perencanaan dan Perancangan Mata kuliah ini memperkenalkan dasar-dasar pengetahuan, proses dan prospek dalam bidang perencanaan wilayah & kota (PWK) dan perancangan arsitektur
2  AR 2190 Studio Perancangan Arsitektur I Mata kuliah ini berisi rangkaian pelatihan yang didukung dengan kuliah-kuliah instruksional dalam pembelajaran dasar-dasar presentasi grafis, pembelajaran dasar-dasar pengamatan, pengukuran, pencatatan dan apresiasi, pembelajaran konstruksi dan merancang bangunan kecil sederhana
3  AR 2120 Studio Konstruksi dan Bahan Bangunan 1 Studio ini memberikan pemahaman prinsip konstruksi bangunan bertingkat dengan sistem struktur rangka dan dinding pendukung, menggunakan bahan kayu, beton dan baja untuk membekali mahasiswa agar dapat berpikir konstruksi serta mampu menggambarkannya
4  AR 2111 Apresiasi Arsitektur This course explains the techniques and the process of conducting a visual appreciation of the architectural works based on physical factors and non-physical factors that play a role in the realization of the architecture.
5  AR 2112 Prinsip Desain Arsitektur Kuliah ini menjelaskan prinsip-prinsip desain arsitektur, meliputi prinsip fungsional, estetika, keterbangunan, kekokohan, keamanan, efisiensi, ekonomi, ramah lingkungan, sensitif secara budaya, berkeadilan sosial, berkelanjutan, pelestarian.
6  AR 2121 Dasar-Dasar Struktur Bangunan Kuliah ini memberikan pengetahuan tentang prinsip-prinsip struktur bangunan dan dasar-dasar mekanika teknik
7  AR 2131 Sejarah dan Tradisi Arsitektur Dunia Mata kuliah ini memberikan dasar-dasar pengetahuan arsitektur di dunia khususnya Arsitektur Barat dan perkembangannya dengan penekanan pada konteks kemasyarakatan (sosial, budaya, politik dan ekonomi) serta teori dan perujudan arsitekturnya.
8  AR 2141 Lingkungan Binaan Berkelanjutan Kuliah ini bertujuan memberikan wawasan tentang Ekosistem Alam dan Prinsip Konsep Lingkungan dan Pembangunan yang Berkelanjutan dan  membangun kesadaran peserta akan pentingnya arti pembangunan berkelanjutan bagi kelangsungan hidup makhluk hidup.
9  AR 2290 Studio Perancangan Arsitektur II Mata kuliah studio ini berisi rangkaian pelatihan yang didukung dengan kuliah-kuliah instruksional dalam pembelajaran perancangan bangunan dua lantai salah satunya adalah perancangan rumah, serta pembuatan gambar kerja bangunan
10  AR 2250 Studio Komputasi Arsitektur Kuliah ini ditujukan untuk memberikan pemahaman tentang perangkat- perangkat lunak yang digunakan pada proses desain, melatih ketrampilan dan kemampuan menguasai dasar- dasar perangkat lunak untuk proses desain, presentasi, dan dokumentasi arsitektural selain pemahaman atas etika dalam dunia digital.
11  AR 2210 Studio Gubahan Ruang dan Bentuk Mata Kuliah ini membahas prinsip prinsip komposisi dan melatih kemampuan mahasiswa membuat gubahan arsitektural 2  dimensi, gubahan ruang dan bentuk arsitektur, gubahan bentuk masa tunggal dan masa jamak dengan berbagai pertimbangan dan pendekatan
12  AR 2211 Teori Desain Arsitektur Matakuliah ini bertujuan mengenalkan teori-teori dalam desain arsitektur agar mahasiswa bisa mengembangkan kriteria desain untuk bisa menilai keberhasilan proses perancangan bangunan.
13  AR 2212 Perilaku dan Desain Arsitektur Kuliah ini membahas hubungan perilaku manusia, bangunan dan lingkungannya; serta pemahaman tentang desain ruang dalam/luar, yang menjawab kebutuhan pemakai dan berskala manusiawi
14  AR 2231 Sejarah  dan  Tradisi  Arsitektur Indonesia Mata kuliah ini memberikan pengetahuan awal dan dasar-dasar apresiasi tentang arsitektur asli di Nusantara dan Asia
15  AR 3190 Studio Perancangan Arsitektur III Kuliah ini melatih merancang bangunan dengan kompleksitas sedang mulai analisis hingga prarancangan bangunan infill 2-4 lantai di kawasan urban bersejarah dan bangunan bermassa dan fungsi jamak di kawasan non urban.
16  AR 3110 Studio Perencanaan dan Perancangan Tapak Mata Kuliah ini membahas tentang relasi dan kualitas antara bangunan dan ruang luar serta melatih keterampilan dalam merencanakan dan merancang tapak.
17  AR 3120 Studio Konstruksi dan Bahan Bangunan II Studio ini memberikan pengetahuan tentang sifat, karakteristik dan pesyaratan bahan bangunan dan penerapannya  pada konstruksi elemen bangunan lanjut dan pengetahuan tentang proses pembuatan bangunan  serta pemahaman tentang teknologi/metode membangun.
18  AR 3121 Fisika Bangunan Mempelajari logika, prinsip–prinsip dan konsep kenyamanan dan kesehatan di dalam dan di lingkungan bangunan meliputi aspek pencahayaan/ penerangan, termal, akustik serta pengaruh bahan bangunan, untuk tujuan dapat mendesain bangunan yang nyaman dan sehat.
19  AR 3131 Perkembangan Tipologi Arsitektur Mata kuliah ini membahas pengertian, konsep, perkembangan tipologi arsitektur berdasar bentuk, konfigurasi ruang dan fungsi bangunan.
20  AR 3111 Prinsip Dasar Arsitektur Lanskap Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai unsur-unsur pembentuk arsitektur lanskap, agar mahasiswa mengenal dan memahami aspek arsitektur lanskap yang berkaitan dengan perancangan arsitektur dan ruang terbuka publik.
21  AR 3122 Arsitektur  Tepat  Guna Pada kuliah ini, dipelajari arsitektur yang berkesesuaian atau tepat guna dengan lingkungan sosial, budaya dan ekonomi dari masyarakat setempat, dengan lingkungan fisik seperti iklim, sumber daya alam dan energi, dan dengan kemampuan manajemen dan teknologi setempat.
22  AR 3132 Dokumentasi Bangunan Bersejarah Matakuliah ini menjelaskan berbagai teknik pendokumendasian arsitektur melalui teknik pengamatan cepat, dokumentasi sketsa, fotografi , pengukuran bangunan hingga penyiapan dokumen gambar terukur arsitektural.
23  AR 3290 AR 3290 Studio Perancangan Arsitektur IV Studio ini didukung kuliah instruksional bertujuan melatih merancang massa jamak 2-3 lantai di lahan miring, sebagian memiliki bentang lebar dan merancang bangunan 6-8 lantai dengan pumpunan  pada  sistem bangunan.
24  AR 3250 Studio Struktur dan Bentuk Kuliah ini membahas hubungan struktur,bentuk dan bahan. Mahasiswa diajarkan untuk menghasilkan bentuk  melalui pendekatan struktur meliputi sistem rangka, bidang-aktif dan bentuk-aktif, maupun pendekatan non struktural dan memadukan dengan logika strukturnya.
25  AR 3221 Utilitas Bangunan Mempelajari tentang system dan utilitas bangunan beserta faktor-faktor terkait untuk tujuan memenuhi kebutuhan operasional penghunidan pemaduannya dalam desain arsitektur.
26  AR 3222 Manajemen Proyek Mempelajari manajemen proyek perancangan dan proyek konstruksi dengan tujuan mampu merencanakan dan mengendalikan proyek perancangan dan proyek konstruksi.
27  AR 3241 Perancangan Perumahan dan Pemukiman Kuliah ini berisi: 1) Jenis pembangunan perumahan permukiman (PP), 2) Faktor dan isu perancangan PP, 3) Prinsip utama perancangan PP, 4) Aktifitas utama perancangan PP, 5) Penerapan konsep perancangan PP.
28  AR 3211 Pengantar Penelitian Arsitektur Kuliah membahas posisi dan fungsi penelitian dalam perancangan arsitektur, serta metode pengumpulan data dan analisis data yang dikerjakan dalam perencanaan (programming) dan perancangan arsitektur.
29  AR 3231 Arsitektur Kolonial Matakuliah ini memberi pengetahuan tentang perkembangan arsitektur kolonial di Indonesia. Pembahasan meliputi pertumbuhan kota-kota kolonial, langgam-langgam yang berkembang hingga arsitektur benteng yang dibangun selama masa kolonial.
30  AR 3232 Arsitektur Indonesia Pasca Kemerdekaan (1945-2000) Mata kuliah ini menjelaskan konteks sosial, budaya, teknologi, ekonomi dan politik dari karya arsitektur Indonesia pasca kemerdekaan untuk membangkitkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya kinerja diri dalam penciptaan karya desain.
31  AR 3242 Tipomorfologi Perumahan dan Permukiman Kuliah kosa bentuk dan produk spasial perumahan permukiman-PP. Mempelajari PP sebagai totalitas dari beragam lapisan (morfologi-sosiologi-simbolik) pada beragam skala (unit hunian, segmen urban, kota, regional), dan transformasi sepanjang periode waktu.
32  AR 4090 Studio Perancangan Arsitektur V Studio ini melatih kemampuan menyusun program dan gagasan rancangan yang tanggap terhadap konteks urban berkepadatan tinggi dan merancang secara komprehensif bagi bangunan bertingkat sedang dengan fungsi campuran (termasuk fungsi hunian).
33  AR 4050 Persiapan Tugas Akhir Melatih kemampuan pengembangan gagasan proyek TA dan lokasi, asumsi pemilik, melatih kemampuan mahasiswa dalam memproses  tahap programming, dan pembuatan sinopsis Tugas Akhir sebagai usulan proyek Tugas Akhir.
34  AR 4051 Ujian Komprehensif Mata kuliah ini melatih dan menguji berbagai pengetahuan pokok yang telah dipelajari dan harus diketahui oleh mahasiswa hingga pertengahan semester ke 7.
35  AR 4151 Seminar Arsitektur Kuliah ini berfungsi sebagai sarana bagi mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam suatu forum (seminar) yang bersifat ilmiah yang membicarakan berbagai topik dalam arsitektur.
36  AR 4111 Pengantar Arsitektur Kota Matakuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan dasar mengenai unsur-unsur pembentuk arsitektur kota, agar mahasiswa mengenal dan memahami aspek lingkungan kota yang berkaitan dengan perancangan arsitektur dan ruang publik.
37  AR 4121 Pendekatan Algoritmik dalam Perancangan Kuliah ini ditujukan untuk memberikan dasar-dasar pendekatan algoritma dalam mendesain bentuk
38  AR 4141 Partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan dan Perancangan Perumahan Mata kuliah ini mempelajari berbagai pendekatan dan metoda partisipasi masyarakat dalam perencanaan dan perancangan perumahan, dengan tujuan agar peserta memahami prinsip-prinsip perencanaan dan perancangan perumahan dengan menggunakan pendekatan partisipasi masyarakat.
39  AR 4142 Pengantar Real Estate Membekali pengetahuan lapangan kerja di bidang Real Estat-RE. Ada dua sudut pandang: dari pengembang (tujuan dan bagaimana praktek bisnis RE dijalankan) dan dari pemerintah (kewirausahaan REdimampukan dan dikendalikan).
40  AR 4099 Tugas Akhir Studio ini berisi latihan merancang Arsitektur yang terpadu dan konseptual dengan melalui beberapa tahapan perancangan mulai dari menganalisis tapak, merumuskan konsep perancangan serta menghasilkan pra rancangan sesuai persyaratan dan kriteria perancangannya.
41  AR-4052 Praktek Profesi Arsitek Mata kuliah ini membahas tentang keprofesian arsitek dan profesi terkait lainnya, menyiapkan mahasiswa untuk magang/berpraktekprofesi dan memfasilitasi mahasiswa mempresentasikan pengalamannya selama bekerjapraktek sebagai berbuk berbagi englaman dengan sesama mahasiswa.
42  AR 4113 Arsitektur dan Urbanisme Kuliah ini membahas fenomena urbanisme dari perspektif arsitektur. Kuliah ini berisi tinjauan mengenai arsitektur kota, teori-teori dasar mengenai tempat kota (urban place) dari perspektif konstruksi sosial, dan berbagai kasus urbanisme dan peran arsitektur di dalamnya.
43  AR 4231 Kritik Arsitektur Mata kuliah ini membahas konsep dan prinsip kritik arsitektur serta melatih mahasiswa kemampuan melakukan kritik atas desain bangunan dan lingkungan binaan.
44  AR 4212 Pelestarian Bangunan dan Lingkungan Matakuliah ini memperkenalkan pendekatan kesinambungan sejarah dalam perancangan bangunan dan lingkungan binaan, melalui metodologi penetapan ‘signifikani budaya’.  Pembahasan studi kasus pelestarian membantu mahasiswa memahami prinsip-prinsip perancangan yang memperkuat karakter tempat.
45  AR 4221 Ekonomi Bangunan Mata kuliah ini mempelajari aspek ekonomi yang perlu dipertimbangkan dalam perancangan bangunan serta melatihkan beberapa metode analisis ekonomi bangunan.
46  AR 4222 Pengantar BIM (Building Information Modeling) dalam Arsitektur Kuliah ini ditujukan untuk memberikan dasar- dasar aplikasi BIM (Building Information Modeling) dalam arsitektur khususnya terkait dengan integrasi antar komponen bangunan dan manajemen dokumen arsitektur.
47  AR 4232 Arsitektur Islam Matakuliah ini berisi keterkaitan antara Islam sebagai sebuah entitas ideologi/sistem kepercayaan, tradisi/sejarah, dan budaya/peradaban dengan subyek/obyek arsitektur khususnya dan lingkungan binaan umumnya.
48  AR 4241 Permukiman Masyarakat Berpenghasilan Rendah Kuliah ini membahas ragam isu dan permasalahan permukiman masyarakat berpendapatan rendah, di negara-negara berkembang dan khususnya di Indonesia.

Berita Terkait