Silabus 2013 Program Magister Transportasi

SILABUS DAN SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)
No Kode Matakuliah Silabus Ringkas
1 TR5001 Sistem Transportasi Cerdas Sistem Transportasi Cerdas (ITS) adalah sebuah program yang ditujukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem transportasi darat melalui teknologi canggih, teknologi informasi da komunikasi (ICT) dan sensor elektronik.
2 TR5002 Peramalan dan Permodelan Transportasi Tujuan keseluruhan kuliah ini adalah untuk mengembangkan pemahaman tentang beragam pendekatan dan pemodelan mengenai konsekuensi dari perencanaan transportasi dan kebijakan.
3 TR5003 Lalu Lintas dan Pergerakan Konsep dasar lalu lintas dan pergerakan transportasi secara umum. Pengenalan beberapa aspek rekayasa lalu lintas serta tinjauan dari segi ekonomi dan manajemen transportasi.
4 TR5004 Sistem Angkutan Umum Membahas sistem angkutan umum perkotaan, yang meliputi konsep dasar, permasalahan yang ada, aspek operasional dan pembiayaannya.
5 TR5005 Pembiayaan Transportasi Kuliah ini menjelaskan sumber pembiayaan untuk pengadaan transportasi baik dari sector publik maupun swasta dan kerjasama antara keduanya, serta kebijakan yang terkait dengan pembiayaan transportasi. Selain itu, kuliah ini memberikan pemahaman dan kemampuan melakukan evaluasi proyek di bidang transportasi, menyangkut  prinsip dasar evaluasi, serta beberapa detil yang harus diperhatikan terutama ketika membuat analisis biaya manfaat, dan pengambilan keputusan
6 TR5101 Elemen dan  Sistem Transportasi Konsep dasar tentang perilaku sistem transportasi dalam kaitannya dengan sistem aktivitas dan sIstem lalu lintas.
7 TR5103 Perencanaan  Sistem Transportasi Konsep dasar tentang perencanaan transportasi dibahas, pengenalan modelling sebagai alat bantu analisis permasalahan, serta perumusan kebijakan transportasi secara komprehensif
8 TR5105 Metode Analisis Transportasi Kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang prinsip dasar pemodelan transport serta pengenalan berbagai metoda analisa sistem transportasi
9 TR5202 Metedologi Penelitian Membangun logika dari suatu proses penelitian berikut dengan elemen-elemen terkaitnya.
10 TR5204 Transportasi dan Guna Lahan Kuliah ini memberikan pemahaman tentang keterkaitan antara transportasi dengan guna lahan. Bahasan diberikan pada skala wilayah dan kota. 
11 TR5290 Studio Perencanaan Transportasi Studio ini bertujuan untuk memberikan kemampuan kepadamahasiswa dalam penerapan teori dan konsep perencanaan  transportasi dan tataguna lahan pada kasus atau persoalan nyata pada skala kota dan/atau wilayah. 
12 TR6000 Tesis Tesis merupakan syarat akhir mahasiswa program S2 untuk menyelesaikan studinya di Program Studi Magister Transportasi
13 TR6001 Manajemen Logistik Kuliah ini memberikan pemahaman dalam mengidentifikasi permasalahan logistik serta penyusunan solusi dengan menggunakan metodologi logistik.
14 TR6002 Transportasi dan Lingkungan Kuliah ini mempelajari tentang perencanaan dan pengembangan kebijakan transportasi serta hubungannya dengan aspek lingkungan.
15 TR6003 Keselamatan Transportasi Konsep dasar keselamatan dalam oeprasi transportasi, Ukuran-ukuran yang digunakan untuk mengukur performansi keselamatan, Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecelakaan, Metoda analisis kecelakaan, Metoda mitigasi pengurangan tingkat kecelakaan.
16 TR6004 Ekonomi dan Bisnis Transportasi Kuliah ini memberikan dasar tentang konsep dan ilmu ekonomi dan bisnis yang dapat dikembangkan dalam mengelola transportasi.
17 TR6005 Kebijakan Pentarifan Konsep pentarifan menurut teori ekonomi, prinsip, jenis, dan fungsi tariff transportasi serta kebijakan di bidang pentarifan transportasi
18 TR6006 Transportasi Angkutan Barang Kuliah ini memberikan pemahaman mengenai pengelolaan transportasi angkutan barang yang mencakup penyaluran intermoda dan pembiayaan
19 TR6007 Perencanaan dan Pengelolaan Transportasi Mempelajari proses dan prosedur serta  tahapan perencanaan dan pengelolaan sistem transportasi serta kedudukannya dalam perspektif pembangunan transportasi multi moda
20 TR6008 Manajemen Rantai Pasok Kuliah ini memberikan pemahaman mengenai manajemen rantai pasok dalam transportasi.
21 TR6101 Ekonomika Transportasi Kuliah ini memberikan pemahaman transportasi dari perspektif ekonomi yang mencakup aspek permintaan, penawaran, keseimbangan, manajemen, dan kebijakan.
22 TR6102 Kelembagaan Transportasi Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang teori kelembagaan serta aplikasinya dalam perencanaan transportasi dan implementasinya. Pemahaman kelembagaan dalam transportasi dikembangkan melalui sudut pandang normative yang berbasis teori serta praktis berdasarkan regulasi dan bentuk-bentuk kelembagaan transportasi yang ada.

Berita Terkait