Silabus 2013 Program Doktor Perencanaan Wilayah dan Kota

SILABUS DAN SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)
No Kode Matakuliah Silabus Ringkas
1  PL7111  Seminar Teori Perencanaan  Kuliah ini membahas unsur-unsur utama yang dikandung dalam perencanaan dari beragam perspektif.
2  PL7100  Seminar Perencanaan Wilayah dan Kota  Secara keseluruhan materi meliputi: Struktur, dinamika pertumbuhan, produk perencanaan serta kebijakan yang terkait dengan kota dan wilayah.
3  PL5103  Ekonomi Wilayah dan Kota Lanjut  Matakuliah ini mengkaji secara mendasar bagaimana analisis ekonomi dapat membantu kita memahami bagaimana kota dan wilayah berfungsi.
4  PL5202  Kelembagaan dan Pembiayaan Pembangunan Mata kuliah ini menelaah dan meninjau upaya-upaya berkelanjutan dalam mengadministrasikan, melembagakan, dan membiayai pembangunan, khususnya
menciptakan perencanaan pembangunan sebagai kegiatan efektif yang dilaksanakan pemerintah (sektor publik) bersama-sama peran stakeholders pembangunan lainnya.
5  PL7001  Filsafat Ilmu Pengetahuan  Kuliah ini memberikan gambaran pokok-pokok perkembangan filsafat ilmu pengetahuan dan dikaitkan dengan perencanaan dan kebijakan pembangunan.
6  PL7002  Seminar Metode Penelitian  Kuliah ini meningkatkan pengetahuan dan kemampuan meneliti dalam konteks perencanaan wilayah dan kota.
7  PL7101  Seminar Sumber Daya dan Lingkungan  Mata kuliah wajib ini menjabarkan pemahaman dasar tingkat lanjut mengenai lingkungan hidup, sifat alamiah, ekologi yang perlu dikenali seperti klimaks, adaptasi, resiliensi, juga termasuk komunitas masyarakat, sebagai perspektif, dan dasar pertimbangan ketika akan melakukan perencanaan wilayah dan kota. Dalam kuliah ini akan dijabarkan perspektif, orientasi, konsep, dan analisis lanjutan mengenai konsep lingkungan hidup, dan konsep masyarakat manusia yang bergantung hidupnya terhadap lingkungan hidup. Tiga per empat dari kuliah ini berisikan mengenai lingkungan hidup dan konsep ekonomi, sumber daya, sebagai bagian penting dalam lingkungan hidup. Seperempat lainnya digunakan untuk menjabarkan mengenai masyarakat berisiko, perannya dalam penggerak konservasi lingkungan hidup dalam hubungannya dengan pembangunan.
8  PL7003  Ujian Persiapan  Matakuliah ini menyiapkan dan memastikan bahwa peserta memiliki pengetahuan dan kemampuan memadai untuk menyelesaikan program doktor jika diberi fasilitas dan waktu cukup.
9  PL7004  Proposal Penelitian  Matakuliah ini menyiapkan mahasiswa untuk menghasilkan proposal penelitian doktoral.
10  PL8001  Seminar Doktoral I  Matakuliah ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mendiskusikan dan mendapatkan masukan untuk kerangka teori dan metodologi penelitian.
11  PL8002  Seminar Doktoral II  Matakuliah ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk melaporkan, mendiskusikan dan mendapatkan masukan bagi kemajuan awal penelitian.
12  PL9001  Seminar Doktoral III  Matakuliah ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk melaporkan, mendiskusikan dan mendapatkan masukan bagi tahap analisis/interpretasi data.
13  PL9002  Seminar Doktoral IV  Matakuliah ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk melaporkan, mendiskusikan dan mendapatkan masukan bagi tahap akhir penelitian.
14  PL9098  Ujian Disertasi  Kuliah memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk menjelaskan dan mempertahankan disertasi melalui sidang tertutup dan terbuka.

Berita Terkait