Enter your keyword

Mahasiswa PWK dan Teknik Kimia ITB raih Juara Pertama pada ajang National Management Competition in Tourism 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tiga mahasiswa ITB yang tergabung dalam Aladdin Business Case Team, mengikuti lomba ‘NATIONAL MANAGEMENT COMPETITION IN TOURISM 2019′ bertajuk “Advancing Indonesian Economy with Repositioning and Improving Managerial System” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen S-1 FEB Universitas Mercu Buana, tanggal 3-4 Juli 2019, dan meraih Juara Pertama pada ajang tersebut.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah : Kelvin Narada Gunawan [15418068/PWK], Desylionie Onggan W [13018099/TK], dan Jonathan Maximilian Surya A [13018009/TK].

Aladdin Business Case Team ITB menciptakan sistem inovasi asuransi ANDINA dan AMAN. ANDINA dan AMAN adalah sistem inovasi yang berbentuk asuransi yang dapat mereposisi dan mengembangkan tujuan wisata daerah yang rawan bencana menjadi sebuah destinasi wisata yang memiliki nilai jual tinggi.
Motif dari pembuatan sistem inovasi ini adalah jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia selama 2018 tak menembus target pemerintah sebesar 17 juta orang dikarenakan sejumlah bencana alam yang terjadi di Indonesia. Kawasan Nusa Tengara Barat diguncang gempa yang mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia pada Agustus 2018. Belum juga selesai pemulihan daerah bencana, muncul lagi gempa disertai tsunami di wilayah Palu dan Donggala pada akhir September 2018. Dengan diciptakannya sistem inovasi asuransi ANDINA dan AMAN, diharapkan jumlah wisman yang berkunjung di Indonesia naik secara signifikan.

Di samping itu, Aladdin Business Case Team ITB juga merumuskan Action plan (innovative managerial system) yang dapat dipakai Kementerian Pariwisata untuk mengejar target kunjungan wisatawan mancanegara ke seluruh destinasi wisata Indonesia sampai dengan akhir tahun 2019.

Action Plan ini menekankan sektor Pariwisata supaya dapat memberikan kontribusi dan peran strategis dalam pembangunan perekonomian nasional, pengembangan wilayah maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui kontribusi dalam menyumbangkan devisa, kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), penciptaan lapangan kerja, di samping peran sosial, budaya dan lingkungan dalam kerangka pelestarian sumber daya alam dan budaya, maupun dalam meningkatkan rasa cinta tanah air dan perekat persatuan bangsa. Berdasarkan amanat Presiden Republik Indonesia, Pariwisata Indonesia diharapkan dapat terus diperkuat dan dikembangkan menjadi sektor strategis dan pilar pembangunan perekonomian nasional serta akan dapat mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 20 juta dan pergerakan wisatawan nusantara sebesar 275 juta perjalanan pada tahun 2019.

Kedua Inovasi tersebut mengantarkan Aladdin Business Case Team ITB kepada babak semifinal.
Pada babak final, Aladdin Business Case Team ITB menciptakan aplikasi mobile yang sangat membantu pengunjung TMII dalam menikmati wahana secara keseluruhan. Aplikasi mobile ini dilengkapi dengan kemampuan navigasi dan AR (augmented reality). Ouput yang dikeluarkan adalah meningkatnya tingkat kepuasan pengunjung dalam menjelajah di wahana berbasis budaya pada TMII.

 

 

 

 

 

 

 

 

image courtesy of @narada_kelvin on instagram

Home
Jadwal dan Acara Tautan Penting Informasi Publik