Enter your keyword

Kelas Kolaborasi + Sayembara

Inovasi Perencanaan dan Perancangan
Pada Sistem Bangunan dan Lingkungan Pasca Pandemi

2b

Deskripsi Singkat dan Tujuan

Mata kuliah kolaborasi ini ditujukan terutama untuk mahasiswa sarjana dengan model seperti Mini Capstone Project yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendemonstrasikan kemampuan desain dan analisis dalam lingkup proyek bangunan dan lingkungan sekitar secara terintegrasi dan lintas disiplin.

Pandemi mengubah tidak hanya cara hidup dan perilaku manusia, melainkan mengubah pula bagaimana bangunan seharusnya dirancang dan dibangun agar dapat mengakomodasi perilaku baru sesuai dengan Adaptasi Kebiasaan Baru – New Normal.

Tujuan

Kelas kolaborasi ini bertujuan untuk:

  1. Memberikan pengalaman melakukan proses perancangan pada masing-masing bidang sesuai profesinya.
  2. Memberikan pengalaman pembelajaran perancangan dengan permasalahan multi-disiplin.
  3. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan kepemimpinan, serta,
  4. Mencoba menerapkan metode, teknik dan perangkat terkini, konsep berkelanjutan serta etika profesi.
4c

Mekanisme dan Pendaftaran

  • Setiap mahasiswa mengambil matakuliah pilihan yang terkait dengan profesi masing-masing bidang ilmu atau program studi dengan beban 2-4 SKS (Contoh di Arsitektur, peserta akan mendapatkan total 4 SKS).
  • Mahasiswa mendaftar kepada setiap Kaprodi . Jumlah mahasiswa per prodi adalah 5-6 orang.
  • Satu kelompok mahasiswa suatu Prodi kemudian akan digabungkan dengan Tim Kolaborasi dengan beberapa kelompok dari Prodi lain. Suatu Tim Kolaborasi akan dibimbing oleh suatu Tim Pembimbing yang multi-prodi, yanng beranggotakan satu orang dosen untuk setiap prodi. Kelompok mahasiswa suatu Prodi akan dibimbing oleh dosen Prodi tersebut.
  • Jadwal pertemuan Tim Kolaborasi dan kelompok mahasiswa Prodi akan ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama antara Tim Kolaborasi dan Pembimbing.
  • Kelas akan dibagi menjadi beberapa kelompok, dimana pada masing-masing kelompok ada multi disiplin: AR, SI, TL, MS, EL/IF/STI, TF, DI dan masing-masing kelompok mengerjakan satu proyek desain yang dikerjakan dari berbagai sudut pandang disiplin ilmu. Setiap dosen pengampu dari setiap Prodi akan berkolaborasi mengawasi satu kelas.
4d

Jadwal Program dan Kegiatan

  • Jadwal rencana program dan kegiatan sebagai berikut:

4e

Kasus Studi

  • Sebagai kasus studi untuk proyek ini adalah desain arsitektur dari tiga gedung dari tiga kampus ITB yakni satu gedung dari kampus Ganesha, satu gedung dari kampus Jatinangor, satu gedung dari kampus Cirebon, berikut data-data digitalnya berupa gambar-gambar.
  • Kelas kolaborasi akan dibagi menjadi beberapa kelompok multidisiplin (Tim Kolaborasi) dan masing-masing kelompok akan mendapatkan satu kasus studi yang ditentukan secara acak.
  • Berdasarkan masukan tersebut maka Tim Kolaborasi dapat mencari data dan informasi yang relevan untuk pengembangan perancangan hingga tingkat Pra-Rancangan (preliminary).

Keluaran

  • Keluaran dari tim kolaborasi akan disayembarakan dengan judul sayembara: “Safe Space: Re-envisioning Building System Design in New Era
  • Dengan demikian keluaran dari proyek ini berupa:
    1. Perhitungan/ analisis terkait dengan rancangan preliminary masing-masing bidang
    2. Gambar-gambar dan model rancangan inovatif sesuai tema, yang dibutuhkan pada tingkat preliminary
    3. Spesifikasi yang dibutuhkan pada tingkat preliminary
    4. Resume inovasi yang diusulkan dari setiap disiplin ilmu terkait dengan keandalan bangunan yakni: keselamatan, kesehatan, kemudahan dan kenyamanan terutama pandangan terhadap kondisi pasca pandemi.
  • Setiap Tim Kolaborasi harus menyampaikan laporan tim melingkupi semua hal tersebut di atas. Tidak dibutuhkan laporan individual, kontribusi dari setiap anggota harus ada di laporan tim.
4f

Ekivalensi Mata Kuliah

Pada Program Studi Arsitektur, kegiatan ini akan diakomodasi dalam dua mata kuliah pilihan yakni:

  • Peserta dari Program Studi lain bisa mendapatkan pengakuan mata kuliah dari Program Studi masing-masing.
4g

Kolaborasi Lintas Program Studi

Kelas Kolaborasi dan Sayembara ini memiliki keluaran final berupa solusi desain dan engineering pada sistem bangunan dan lingkungan yang diajukan oleh setiap tim kolaborasi. Semua sesi kuliah, bimbingan dan workshop diberikan dan ditujukan untuk membantu mahasiswa dalam memahami persoalan-persoalan dalam proyek yang dihadapi dan mengusulkan solusi inovatif yang terintegrasi berdasarkan beberapa parameter-parameter multidisiplin.

Dengan judul sayembara: “Safe Space: Re-envisioning Building System Design in New Normal”, setiap Tim Kolaborasi diharapkan mencari solusi sesuai bidang studi masing-masing, terhadap sistem bangunan dan lingkungan yang aman dalam mengakomodasi kegiatan yang ada di dalamnya, sesuai dengan konteks kasus studi yang ditentukan. Setiap Tim Kolaborasi dapat mengusulkan solusi desain dan engineering yang memiliki visi ke depan, relevan dengan isu-isu keberlanjutan, penghematan energi, 4.0, dan lainnya.

4h

PENDAFTARAN

Periode pendaftaran mahasiswa di setiap Prodi/ melalui form berikut: 19-30 Juli 2021. Jika ada pertanyaan terkait program ini, silakan email ke: Aswin Indraprastha at aswin@itb.ac.id.

Publication

id_IDIndonesian