Enter your keyword

Creative Branding and Placemaking

8

GAMBARAN UMUM

Prodi Arsitektur ITB dan University of Melbourne School of Design bekerja sama dengan Paragon Corp. akan menyelenggarakan Summer School dengan tema Creative Branding dan Placemaking pada tanggal 8 Juni hingga 8 Juli 2022.
Kegiatan Summer School 2022 “‘Creative Branding dan Placemaking’ akan menghubungkan pengetahuan antara manusia (user), dengan tempat/lingkungannya (place) termasuk bahasan mengenai programming (fasilitas dan kegiatan) di suatu lingkungan binaan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup di lingkungan tersebut. Dengan pendekatan creative programming diharapkan mahasiswa mampu memberikan kegiatan serta fungsi atau bangunan baru sesuai dengan kebutuhan masyarakat di kampung Pesanggarahan – Jakarta Barat.
Kegiatan Summer School ini merupakan gabungan dari perancangan arsitektur, metodologi perancangan, dan keterampilan menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan masyarakat dan lingkungan binaan. Kegiatan ini akan mengajak mahasiswa untuk merancang suatu eksperimen dan proposal rancangan berupa creative programming dan memahami penerapan teori placemaking dan mengaplikasikannya bersama-sama dengan masyarakat yang tinggal di kampung kota Pesanggrahan, Jakarta Barat.

3

OBYEKTIF

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu:

  1. Menjelaskan apa placemaking dan bagaimana terjadinya placemaking.
  2. Mengetahui creative programming dan memberi usulan terhadap suatu fasilitas dengan creative programming.
  3. Membaca dan menganalisa suatu tempat serta dapat memberi usulan kegiatan serta desain arsitektur yang berkaitan dengan placemaking melalui metoda partisipatori (termasuk menyusun kegiatan eksperimen sosial placemaking dengan menggunakan UX dan CJM).
  4. Merancang usulan project placemaking, penyusunan anggaran, branding, dan sosialisasi kegiatan placemaking dalam bentuk proposal yang layak untuk direview oleh badan pemerintah, swasta (CSR), komunitas pengguna, dan media (termasuk mengatur dan melaksanakan eksperimen social melalui topik utama yang dibahas di semester tersebut) Instagram kegiatan: https://www.instagram.com/placemaking.id/
  5. Mengevaluasi dan memberikan self-critics atas keberhasilan/ kegagalan yang dilakukan dalam implementasi eksperimen sosial.

PESERTA

Peserta kegiatan adalah mahasiswa ITB dari berbagai jurusan berlatar belakang built-environment.

NARASUMBER

  1. Iderlina Mateo-Babiano, PhD (online)(Associate Professor in Urban Planning, Assistant Dean, Diversity and Inclusion, Faculty of Architecture, Building and Planning, The University of Melbourne
  2. Dr. Redento B. Recio  (offline) (Informal Urbanism (InfUr) Research Hub, Faculty of Architecture, Building and Planning, The University of Melbourne.
  3. PUPLAProject* (TBA) (online)
  4. Ardzuna Sinaga* (TBA) (offline)
  5. CREM Paragon (hybrid)
10

JADWAL KEGIATAN

Kegiatan akan dilaksanakan pada 8 Juni – 8 Juli 2022

HASIL KEGIATAN

  1. Eksperimen social bersama masyarakat di lapangan dalam bentuk poster.
  2. Usulan rancangan placemaking dalam bentuk poster.

PENGAKUAN SKS MATA KULIAH

Mahasiswa yang akan ikut dalam program ini akan memperoleh kredit sebagai berikut:

  • untuk mahasiswa Program Sarjana S1: AR4215 Placemaking dan Sosial Eksperimen 2 SKS (kuliah pilihan).
  • untuk mahasiswa Program Magister:  AR5211 Facility Programming 2 SKS (kuliah pilihan).

Informasi Lanjut

Informasi lanjut dapat diakses di link berikut:
https://linktr.ee/placemaking.id

Leaflet

id_IDIndonesian