Enter your keyword

Silabus Tahun Pertama Bersama SAPPK

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
No.
Kode Nama Kuliah (SKS)
Silabus
1
MA1101 Kalkulus IA (4) Sistem Bilangan Real, Pertaksamaan, Fungsi dan Limit, Turunan, Penggunaan Turunan, Integral, Penggunaan Integral dan Fungsi Transenden
2
MA1201 Kalkulus IIA (4) Teknik Pengintegralan, Bentuk tak tentu dan Integral tak wajar, Deret Takhingga, Geometri di Bidang dan Ruang, Turunan di Rn , Integral Lipat Dua, Persamaan Diferensial Biasa.
3
FI1102 Fisika Dasar IB (3) Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep-konsep mekanika newton, fluida, thermofisika dan relativitas khusus dari Einstein. Pokok-pokok bahasan meliputi: Kinematika Benda Titik; Gerak Relatif; Dinamika Benda Titik; Osilator Harmonik; Dinamika Sistem Benda Titik; Gerak Rotasi; Elastisitas; Statika dan Dinamika fluida; Termofisika; teori relativitas khusus dari Einstein. Matakuliah diberikan untuk meningkatkan pemahaman konsep-konsep fisika yang terjadi pada kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan mekanika, fluida, themordinamika, serta perkembangan-perkembangan dari konsep-konsep tersebu
4
FI1202 Fisika Dasar IIB (3) Matakuliah ini membahas konsep-konsep kelistrikan, kemagnetan, dan gelombang, serta Fisika Modern. Cakupan pokok-pokok bahasan meliputi: Listrik: muatan lisrtik dan hukum Coulomb, medan listrik, hukum Gauss, sifat listrik bahan, energi potensial dan potensial listrik, kapasitor, arus listrik searah; Magnet: medan magnet, GGL imbas, induktansi, arus bolak-balik; Gelombang: Gejala, fungsi, energi dan superposisi gelombang; interferensi, penerapan pada gelombang bunyi, gelombang elektromagnetik, alat-alat optik; Fisika Modern: penemuan elektron, percobaan Rutherford, model atom Bohr, ketidak-pastian Heisenberg, radiasi benda hitam, dualisme partikel-gelombang, efek fotolistrik, mikroskop elektron. Matakuliah diberikan untuk meningkatkan pemahaman konsep-konsep fisika yang terjadi pada kehidupan serta perkembangan dari konsep-konsep tersebut.
5
KI1102 Kimia Dasar IB (2)  –
6
KI1202 Kimia Dasar IIB (2)  –
7
KU1101 Konsep Pengembangan Ilmu Pengetahuan (2)  –
8
KU1201 Sistem Alam & Semesta (2)  –
9
KU1072 Pengenalan Teknologi Informasi B (2)  –
10
KU1001 Olah Raga (2)  –
11
KU102X Bahasa Inggris (2) Lihat KU1021, KU1022, KU1023.
12
KU1011 Tata Tulis Karya Ilmiah (2) Mahasiswa mendapatkan materi ejaan; tata kata; tata kalimat; istilah, silogisme, dan definisi; paragraf; perancangan karya tulis ilmiah; penyusunan kerangka; komponen karya tulis ilmiah; serta konvensi naskah.
13
AR1101 Dasar Perencanaan dan Perancangan (3) Mata kuliah ini memperkenalkan dasar-dasar pengetahuan, proses dan prospek dalam bidang perencanaan wilayah & kota (PWK) dan perancangan arsitektur
14
PL1201 Teknik Komunikasi dan Presentasi (3) Kuliah ini memberikan pengenalan, pemahaman dan penguasaan teknik-teknik komunikasi dan presentasi dalam bidang perencanaan wilayah dan kota serta perancangan arsitektur.
15
KU1021 Pemahaman Teks Akademik (2) Mahasiswa mendapatkan materi identifikasi topik, ide pokok, dan kalimat pendukung; menebak arti kata; analisa argumentasi; menulis ringkasan dan analisa teks atau artikel.
16
KU1022 Penulisan Teks Akademik (2) Mahasiswa mendapatkan materi tentang macam-macam kalimat, paragraph, dan penusilan karya tulis ilmiah.
17
KU1023 Teknik Presentasi (2) Mahasiswa mendapatkan materi tentang bagaimana memulai, menghubungkan ide satu dengan yang lainnya, mengakhiri presentasi, dan menguasai sesi tanya jawab.
Home
Jadwal dan Acara Tautan Penting Informasi Publik