Enter your keyword

Silabus 2013 Program Studi Magister Arsitektur Lanskap

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
SILABUS DAN SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)
No Kode Matakuliah Silabus Ringkas
1 AL5100 Studio Arsitektur Lanskap 1 Studio ini memberikan latihan prinsip-prinsip dasar merancang lanskap dalam skala ruang terbatas pada lingkup taman lingkungan. Fokus desain terbatas pada persoalan engineering dan mempertimbangkan prinsip-prinsip dasar ekologi.
2 AL5101 Sejarah & Teori Arsitektur Lanskap Mata kuliah ini berisi pengetahuan tentang sejarah Arsitektur Lanskap dunia dengan penekanan pada aspek desain dan hal-hal yang mempengaruhinya seperti kondisi geografis, geologis dan sosial-ekonomi serta budaya masing-masing.
3 AL5102 Teknologi dan Rekayasa Lanskap Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar tentang karakteristik permukaan bentang alam dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahannya.
4 AL5200 Studio Arsitektur Lanskap 2 Dalam studio ini mahasiswa dilatih untuk memiliki kemampuan untuk berpikir desain secara kritis (critical design thinking) terhadap permasalahan dan potensi lingkungan dalam konteks kawasan (sekitar 150 ha). Secara substansial, studio ini menekankan  pada aspek pemrograman (programming) dan perencanaan (planning) sumber daya alam.
5 AL5201 Metode Perancangan Arsitektur Lanskap Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip dan langkah-langkah dalam proses perencanaan dan perancangan lanskap, yang meliputi metoda kuantitatif dan kualitatif melalui studi kasus, studi banding, kajian historis, kajian analitis dan sintesis.
6 AL5202 Ekologi untuk Arsitektur Lanskap Matakuliah ini membahas prinsip-prinsip ekologi kunci dan aplikasinya untuk perancangan lanskap serta memberikan pengetahuan tentang tipologi ekosistem alami penting Indonesia.
7 AL6100 Studio Arsitektur Lanskap 3 Studio ini memberi penekanan pada aspek pengelolaaan kawasan sebagai dasar dalam proses perencanaan & perancangan lanskap.
8 AL6101 Etika Profesi Matakuliah ini berisi pembahasan tentang dunia profesi arsitek lanskap dengan penekanan pada etika profesi yang mengatur hubungan kerja seorang arsitek lanskap dengan pihak-pihak terkait lainnya.
9 AL6099 Proyek Akhir Mata kuliah ini merupakan mata kuliah terakhir yang berisi kegiatan merancang secara mandiri. Mahasiswa diberi kebebasan untuk menentukan kasus proyek akhirnya dengan bimbingan dua dosen pembimbing.
10 AL5103 Tanaman dalam  Perancangan Lanskap Matakuliah ini mengenalkan mahasiswa pada karakteristik tanaman serta melakukan eksplorasi kualitas spasial dan visual untuk dapat memanfaatkannya sebagai elemen rancangan dalam skala tapak dan kawasan. Dalam kuliah ini juga dipelajari interaksi antara fungsi ekologi dan manfaatnya dalam rekayasa lanskap.
11 AL6102 Arsitektur Lanskap di Negara Berkembang Mata Kuliah ini menunjukkan bagaimana keilmuan dan keahlian Arsitektur Lanskap dapat berkontribusi secara nyata pada  isu-isu penting di negara berkembang, khususnya Indonesia. Isu-isu ini antara lain meliputi potensi pariwisata, reklamasi lahan pasca tambang dan mitigasi bencana alam yang disebabkan oleh sikap manusia yang kurang peduli  terhadap keberlanjutan alam sehingga berdampak  terhadap terjadinya perubahan iklim dan pemanasan global
Home
Jadwal dan Acara Tautan Penting Informasi Publik