Enter your keyword

“Development Studies focuses on the understanding of theories, normative principles, and strategies of development within a holistic framework”

Magister Studi Pembangunan

sp3b

GARIS PROGRAM

Mahasiswa Program Studi Pembangunan diajarkan untuk berpikir kritis, dibekali dengan kemampuan analitis dan modeling, serta dilatih untuk mengembangkan strategi dengan orientasi futuristik. Siswa dihadapkan pada isu-isu pembangunan dari banyak perspektif dan dilatih untuk merumuskan strategi yang:
realistis dan etis. Melalui diskusi kelas dan supervisi skripsi, mahasiswa dibimbing untuk melakukan sintesis ilmu-ilmu multidisiplin guna menjawab permasalahan perkembangan yang dihadapi di lingkungan kerjanya.

SP6

KESEMPATAN BERKARIR
Lebih dari 400 alumni program saat ini menduduki posisi penting di sektor publik dan swasta. Beberapa lulusannya telah menempuh program Doktor di bidang-bidang yang berkaitan dengan studi pembangunan seperti studi pemerintahan, kebijakan iptek, perubahan sosial, ekonomi, dan lingkungan, di dalam dan luar negeri.

KEANGGOTAAN PROFESIONAL
Sejauh ini, tidak ada asosiasi profesi khusus yang tersedia bagi alumni program untuk mendaftar. Namun, mereka mungkin memenuhi syarat untuk menjadi anggota Ikatan Alumni ITB (Ikatan Alumni/ IA ITB).

KURIKULUM
Kurikulum program magister disusun dalam 3 (tiga) bidang studi khusus:

  1. Keberlanjutan Pembangunan
  2. Pemodelan Sistem Pengembangan
  3. Difusi Teknologi dalam Proyek Pembangunan
SP7

KEGIATAN CO & TAMBAHAN KURIKULER
Beberapa program reguler yang ditunjuk untuk menjadi bagian dari kegiatan ko & ekstrakurikuler untuk mahasiswa magister di mana mahasiswa terlibat dan mengembangkan soft skill mereka, termasuk: kepemimpinan, kerja tim, empati dan inisiatif, pemecahan masalah dunia nyata dan lainnya. Program ini dirancang multi disiplin dan melibatkan berbagai pihak.

Contoh program reguler adalah:

  1. Perkemahan Musim Panas
  2. Sekolah musim panas
  3. Studio Bergabung Internasional International
  4. Bergabunglah dengan bengkel

Anggota fakultas juga menawarkan kesempatan kepada Mahasiswa Magister untuk menjadi Teaching Assistant (TA) atau Research Assistant (RA) dengan syarat dan ketentuan tertentu.

KONTAK

Program Studi Magister Studi Pembangunan
Gedung CRCS Lantai 2
Jl. Ganesa 10, Bandung 40132, Indonesia
+62 812-2178-5106 (p)
spitb@sp.itb.ac.id (e)
www.pmsp.itb.ac.id (w)
Ketua Prodi Magister Studi Pembangunan : Dr. Suhirman.

id_IDIndonesian