Enter your keyword

Profil

Gedung Labtek V

Sekolah ini didirikan pada tanggal 29 Agustus 2005 dengan SK Rektor ITB (No. 222/2005) yang bermaksud untuk menata kembali unit-unit akademik ITB dengan menambah jumlah fakultas/sekolah dari 7 (tujuh) menjadi 11 (sebelas) ). Namun demikian, unsur-unsur sekolah tersebut bukanlah hal yang baru, karena berasal dari seluruh program dan sumber daya akademik dari 2 (dua) jurusan yang ada yaitu: Arsitektur yang berdiri tahun 1950 dan Perencanaan Wilayah dan Kota yang berdiri pada tahun 1959 yang sebelumnya berada di bawah Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dan 2 (dua) program akademik yang sudah ada (yaitu: Studi Pembangunan dan Transportasi) yang sebelumnya berada di bawah Fakultas Teknik Industri.

Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan  yang baru didirikan ini mulai beroperasi sebagai implementasi akademik unit yang bertanggung jawab di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terhitung sejak 1 Januari 2006, dengan menyelenggarakan 11 (sebelas) program akademik mulai dari program sarjana hingga doktor, 8 (delapan) kelompok penelitian, 82 (delapan puluh dua) dosen, 44 (empat puluh empat) staf pendukung, dan sekitar 1410 mahasiswa.

Sejak tahun 2016 terdapat 12 (dua belas) program akademik mulai dari program sarjana hingga doktor, 9 (sembilan) kelompok penelitian, 118 (seratus dua belas) dosen, 44 (lima puluh tujuh) staf pendukung, dan ca. Badan siswa kami saat ini adalah 1524 mahasiswa sarjana dan pascasarjana (data per Jan 2019).

Visi SAPPK 2024

“Menjadi institusi yang Inklusif, Adaptif, dan Fleksibel dalam penyelesaian masalah bangsa dan pencapaian reputasi internasional”.

Visi SAPPK 2024 mencerminkan “beyond boundaries” yang dimaksudkan dengan bertujuan agar visi ini dapat diingat dengan mudah oleh civitas akademika SAPPK ITB, termasuk di dalamnya mahasiswa yang merupakan generasi millennial dan juga stakeholder terbesar di SAPPK.

Misi

“Menciptakan, berbagi, dan menerapkan ilmu dalam bidang perancangan, perencanaan dan pengembangan kebijakan lingkungan binaan, serta menghasilkan sumber daya insani yang unggul dalam bidang tersebut untuk menjadikan Indonesia dan dunia lebih baik”.

  1. Misi tersebut dijabarkan dalam Tujuan SAPPK, sebagai berikut:
    Mewujudkan SAPPK sebagai institusi yang berkontribusi dalam penyelesaian masalah bangsa dan pencapaian reputasi internasional dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam bidang perancangan, perencanaan dan pengembangan kebijakan lingkungan binaan.
  2. Meningkatkan kemampuan berkolaborasi secara internal dan eksternal dalam menghasilkan karya yang berkontribusi pada penyelesaian masalah bangsa dan pencapaian reputasi internasional.
  3. Mengembangkan sistem tata kelola yang baik dengan memanfaatkan teknologi dan sistem informasi.

 

Nilai-Nilai

Dalam mencapai visi dan misinya, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan berkomitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai : kualitas, etika dan keadilan serta sangat mematuhi prinsip-prinsip tata kelola dan kolaborasi bersama, keberagaman, martabat, serta integritas.

id_IDIndonesian