Lawatan Delegasi SAPPK ITB ke Amerika Serikat (University Florida, Gainesville dan Edward J Bloustein School of Planning and Public Policy, Rutgers)

Pada tgl 21 – 29 April 2016, Dekan SAPPK-ITB, Prof. Widjaja Martokusumo, Kaprodi S2/S3 Arsitektur dan S2 Rancang Kota, Dr. Heru W. Poerbo, dan pak Johnny Patta, MURP, melakukan kunjungan ke Amerika Serikat. Kunjungan pertama 22-23 April 2016 dilakukan ke University Florida (UF), Gainesville, dimana delegasi SAPPK ITB melakukan presentasi final pekerjaan kasus Penataan Koridor Jl. Sudirman, Pengembangan Kawasan Teluk Bayur dan Penataan Kawasan Kacang Pedang di kota Pangkalpinang, ibukota propinsi Bangka Belitung. Acara presentasi dihadiri oleh Walikota Pangkalpinang dan rombongan, Dekan College of Design, Construction and Planning (DCP), Prof. Christopher Silver, PhD, dan Dekan untuk urusan Kerjasama Luar Negeri Prof. Dr. Leonardo A Villalon, para tutor studio dari DCP UF (Prof Jerry Murphy dan Dan Zhu, PhD) dan seluruh mahasiswa peserta studio dari DCP UF. Ketiga kasus di kota Pangkalpinang merupakan tugas studio dari program magister Arsitektur Lanskap (Kawasan Kacang Pedang) dan magister Program Studi Rancang Kota (Teluk Bayur), serta kajian Tugas Akhir mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota (Koridor Jalan Sudirman), SAPPK ITB. Selain presentasi, acara di UF juga diisi dengan penandatanganan kerjasama antara ITB, UF dan Pemkot Pangkalpinang. Dalam kesempatan tersebut Dekan SAPPK menyerahkan laporan eksekutif dari ketiga lokasi perencanaan kepada Walikota Pangkalpinang dan Dekan dari CDCP, UF. Pada malam harinya peserta presentasi diundang mengahdiri acara perpisahan Prof. Chris Silver yang akan selesai bertugas sebagai dekan pada akhir bulan Mei 2016.

Pada tanggal 27 April 2016, delegasi SAPPK ITB berangkat ke New Brunswick, menuju Rutgers University, untuk bertemu dengan Prof. Clint Andrews, Associate Dean for Planning and New Initiatives dari Edward J. Bloustein School of Planning and Public Policy. Pembicaraan fokus kepada pembahasan isu teknis penyusunan MoU antara kedua institusi, termasuk introduksi kedua institusi serta pembahasan kemungkinan bentuk-bentuk program kerjasama, seperti misalnya program pertukaran mahasiswa (exchange student), mobility program untuk dosen, serta program Double Degree (DD). Delegasi SAPPK ITB menyampaikan sejumlah program yang dapat diikuti oleh peserta dari LN, seperti keikutsertaan joint studio, yang ditawarkan melalui program Summer Camp atau program joint studio, seperti yang telah berlangsung selama ini.


1. Sambutan dari Walikota Pangkalpinang


2. Presentasi Kelompok Teluk Bayur oleh Kaprodi S2 Rancnag Kota/S2/S3 Arsitektur


3. Presentasi Kelompok Koridor Jalan Sudirman oleh Dekan SAPPK ITB

Berita Terkait