Kunjungan Siswa-siswi SMAN 3 Jakarta dan SMA Nurul Fikri, Lembang



Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan menerima kunjungan siswa-siswi beserta guru pendamping Sekolah Menengah Atas dari Jakarta dan Lembang, pada hari Rabu [21/11/2018]. Rombongan tamu diterima di Ruang Serba Guna, Lt. VI, Gedung Sugijanto Soegijoko, Jalan Ganesha 10 Bandung oleh dosen prodi Arsitektur, Tubagus Muhammad Aziz Soelaiman, ST., MA dan dosen prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, Tizar M Kautsar Bijaksana, ST., MT..

Kesempatan pertama penyampaian paparan tentang SAPPK dan Program Studi oleh Prodi Arsitektur, diawali dengan pemaparan sejarah berdirinya ITB sampai dengan Fakultas/Sekolah termasuk SAPPK.

Kesempatan selanjutnya mengenai penjelasan Prodi PWK yang diawali dengan pemutaran Video Profil Program Studi berisi tayangan visual dan grafis secara sekilas meliputi: penerimaan mahasiswa baru, pengkajian keilmuan, penguasaan skil, pola pikir rasional sampai dengan prospek kerja baik bidang profesi maupun karir, baik di sektor pemerintahan maupun sektor privat.

Pemaparan tentang Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota; — sebagai catatan: bahwa Program Studi ini menerima calon mahasiswa dengan latar belakang IPA maupun IPS [campuran]—Adapun pembahasan keilmuan yang dipelajari PWK memiliki skala lebih luas dibanding dengan Prodi Arsitektur. Walaupun pada awalnya baik PWK maupun Arsitektur berasal dari rahim yang sama, yaitu berasal dari Teknik Sipil. Sejalan dengan perkembangan keilmuan dan kebutuhan pembangunan, ternyata dalam Perencanaan dan Pengengelolaan Pembangunan tidak hanya menyangkut hal fisik semata, melainkan juga harus mempertimbangkan hal-hal non fisik.

Saat ini seluruh Program Studi yang dikelola SAPPK telah terakreditasi A oleh lembaga akreditasi nasional maupun internasional [Arsitektur oleh KAAB Korea dan PWK oleh ASIIN Jerman].

Berita Terkait