Kunjungan Penelitian dari Universität Wien

Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB, pada hari Senin, 8 Juli 2019 mendapatkan kunjungan penelitian dari Institut für Geographie und Regionalforschung, Universität Wien. Penerimaan tamu dilaksanakan di Ruang Rapat Lt. II Gedung Sugijanto Soegijoko, Jalan Ganesha 10 Bandung, mulai pukul 08.00 oleh Dekan SAPPK, Ketua Program Studi Magister dan Doktor Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Continuing Education.
Selanjutnya dilakukan presentasi oleh Wilmar Salim, ST., M.Reg.Dev., Ph.D mengenai “Decentralization, Proliferation, and Urbanization in Indonesia”. Presentasi juga diberikan oleh Eko Priastono, ST., MPPM selaku Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat yang memberikan pemaparan terkait pengembangan industri di Kawasan Segitiga Rebana yang diproyeksikan akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Jawa Barat. Dalam kunjungan penelitian ini, peserta kunjungan dari Universität Wien juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi, tidak hanya terkait dengan urbanisasi dan industrialisasi di Provinsi Jawa Barat, tapi juga tantangan-tantangan pembangunan Indonesia dalam implementasi kebijakan-kebijakan pembangunan yang adaptif dan berkelanjutan di masa mendatang.
Kegiatan ini dilanjutkan dengan pengenalan beberapa spot bersejarah dan penting di kampus ITB, yaitu Labtek IXB, Aula Barat, Aula Timur, Kolam Indonesia Tenggelam, Perpustakaan ITB, serta Sarana Olah Raga (Saraga) ITB.
Kegiatan ini menjadi inisiasi awal dalam kerjasama penelitian dengan Universität Wien di masa mendatang.


Berita Terkait