Perencanaan & Perancangan Kota

Book Review: Bulan Februari

Bulan Februari kemarin, KK-PPK melanjutkan kegiatan baru yang dimulai di tahun 2019 yaitu Book Review Club (BRC)Dengan keberhasilan dan antusiasme yang muncul dari kegiatan Book Review di KK-PPK pada bulan Januari, peminat dari kegiatan tersebut makin tinggi hingga dilanjutkan ke kegiatan Book Review di bulan-bulan selanjutnya.

Pada bulan ini, Bakri berbagi pandangan mengenai buku City Building: Nine Planning Principles for the Twenty-First Century karya John Lund Kriken. Buku yang cukup menarik dan komprehensif membahas prinsip-prinsip pembangunan perkotaan di abad 21 yang dihadapkan dengan tantangan-tantangan baru juga dengan lugas membahas persoalan serta pandangan perencanaan di Kota Abad 21.

Selain Bakri dengan buku City Building-nya, Isnu juga berbagi pandangan dengan buku lain berjudul Implosions/explosions: Towards a Study of Planetary Urbanization karya Neil Brenner. Buku ini mengkompilasi topik-topik klasik dan kontemporer mengenai tantangan dan pertanyaan akan urbanisasi yang muncul di perkotaan. Buku ini mengeksplorasi mengenai teori-teori, klaim, dan sisi lain yang menyebabkan adanya ledakan urbanisasi yang tidak merata di seluruh dunia.

 

“Good city building is not created by complex statistics, functional problem solving, or any particular decision-making process. Successful cities instead come from people advocating easily understood human values and principles that take into account the sensory, tactile, and sustainable qualities of environment and design in relation to what is the best of human endeavor.”
—From the introduction to City Building

 

Berita Terkait