Perencanaan & Perancangan Kota

Book Review: Bulan April

Book Review yang dilaksanakan pada bulan April memperkenalkan kegiatan yang berbeda dari bulan-bulan sebelumnya. Kegiatan kali ini selain Akhmad yang membahas buku yang menarik , juga menghadirkan pembicara dari luar Kelompok Keahlian Perencanaan dan Perancangan Kota, Hani Yulindrasari, Ph.D.

 

Akhmad membawa buku yang identik dengan Kelompok Keahlian PPK, yakni tentang kehidupan perkotaan. Buku ini berjudul Urban Livelihoods oleh Carole Rakods dan Tony Lloyd-Jones. Buku ini menyediakan kerangka kerja yang berharga untuk memahami peluang dan aset yang tersedia bagi orang miskin dan sumber kerentanan mereka. Buku yang ringkas dan ditulis dengan baik, disampaikan dengan menarik sehingga menjadi sebuah buku yang layak dibaca dalam memahami fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat perkotaan.

Pada sesi selanjutnya, tamu kita Bu Hani mengangkat sebuah isu yang sedang strategis di ranah Perencanaan, yakni feminisme dan Peran wanita dalam perencanaan. Menggunakan pengantar buku Feminist Methodology oleh Caroline Ramazanoglu, Hani dengan ringkas memukau para hadirin Book Review dengan pandangannya mengenai perempuan dalam perencanaan. Sesi kali ini sangat membuka pandangan baru dari perencanaan dimana adanya sisi yang tidak tersentuh sebelumnya, yakni peran gender dan kesetaraan di dalam akses perkotaan. Buku yang diangkat sangat menarik untuk dibaca untuk anda yang ingin mengetahui lebih terkait feminisme dan fenomena-fenomena perencanaan dari aspek kesetaraan gender.

 

Berita Terkait