Enter your keyword

Studio

Untuk memfasilitasi studio desain dan perencanaan, kami menyediakan studio khusus untuk mahasiswa sarjana dan pascasarjana. Fasilitas umum yang tersedia di setiap studio adalah set meja dan kursi, papan tulis, pin board, proyektor, rak. Semua fasilitas yang disediakan di dalam ruangan ditujukan untuk mendukung mahasiswa bekerja secara individu atau kelompok selama satu semester serta melakukan sesi diskusi dengan mentor atau instruktur studio.

Ruang Kuliah & Ruang Kelas

Sebagian besar program akademik SAPPK terkonsentrasi di Labtek IX-A Gedung Soegijanto Sugijoko dan Gedung Labtek IX-B Arsitektur yang masing-masing berlantai enam. Fasilitas untuk menampung kursus termasuk: ruang kuliah besar dan ruang serbaguna, ruang seminar, dan ruang kelas.

Selain ruang kuliah dan ruang kelas, SAPPK memiliki galeri berkapasitas 200 kursi untuk menampung pameran, dosen tamu dan seminar. Galeri ini terletak di lantai dasar gedung Arsitektur Labtek-IXB.

Perpustakaan

Program Studi Arsitektur dan Program Perencanaan Wilayah dan Kota memiliki perpustakaan sendiri yang terletak di gedung Labtek IX-A dan Labtek IX-B, Kedua perpustakaan tersebut dapat diakses oleh semua mahasiswa. Ini menawarkan lebih dari 20.000 koleksi termasuk buku teks, jurnal, laporan, publikasi pemerintah, dan laporan statistik yang terkait dengan Arsitektur, Perencanaan Kota dan Wilayah, Desain Kota, Transportasi. Program Studi Pembangunan, dan Program Arsitektur Lansekap memiliki perpustakaan sendiri di gedung mereka sendiri juga.

Daftar koleksi perpustakaan telah terkomputerisasi sehingga informasinya dapat dengan mudah diakses oleh mahasiswa dan pengunjung lainnya. Katalog digital tersedia di http://webpac.lib.itb.ac.id/ yang terintegrasi dengan Perpustakaan Pusat ITB.

Program Perencanaan Wilayah dan Kota menerbitkan jurnal nasional berjudul Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. Berikut daftar jurnal nasional dan internasional terkait arsitektur, perencanaan, dan pengembangan kebijakan yang dapat diakses oleh seluruh staf fakultas dan mahasiswa. Jurnal elektronik tersedia online di https://lib.itb.ac.id/e-journal.

Selain Perpustakaan, mahasiswa juga dapat mengakses Perpustakaan Pusat ITB. Gedung ini memiliki 5 lantai (4 lantai aktif dan 1 lantai basement). Semua siswa dapat mengakses semua koleksi di perpustakaan ini. Informasi tentang perpustakaan pusat dapat diakses di https://lib.itb.ac.id/ sedangkan katalog digital tersedia di http://webpac.lib.itb.ac.id/.

Lab Komputer

Laboratorium komputer ditempatkan di gedung Labtek IX-A dan Labtek IX-B. Laboratorium komputer di Labtek IX-A dikenal sebagai Laboratory for Spatial Computing and Analysis (LabSCAN). Memiliki kapasitas 40 orang yang terletak di lantai 5 Gedung Sugijanto Soegijoko- Labtek IX-A. Gedung Labtek IX-B memiliki dua laboratorium komputer yaitu Alpha dan Omega yang masing-masing berkapasitas 36 PC untuk memfasilitasi kegiatan akademik bagi mahasiswa program arsitektur.

Siswa menggunakannya untuk kelas yang membutuhkan praktikum dengan perangkat lunak sebagai alat, seperti statistik, metode perencanaan, desain dan presentasi, pemodelan dan simulasi komputasi dan sistem informasi geografis. Kami menggunakan software berlisensi yang sebagian besar disediakan oleh Direktorat Teknologi dan Sistem Informasi (DITSTI) ITB.

Selain kegiatan perkuliahan dan praktikum, setiap lab komputer secara bertahap mewadahi kegiatan pengajaran online, termasuk dalam melaksanakan ujian tengah dan akhir semester bagi mahasiswa. Ketika lab tidak digunakan untuk mata kuliah praktikum, komputer dapat digunakan oleh semua mahasiswa untuk mengerjakan tugas individu atau kelompok.

Lab Fabrikasi Digital

Laboratorium Fabrikasi Digital terletak di gedung Labtek IX-B Arsitektur untuk memfasilitasi pemodelan dan pembuatan komputasi. Lab ini memiliki tiga Printer 3D dengan bahan ABS dan PLA, dua router CNC flatbed besar, satu router CNC desktop, dan lengan robot untuk memfasilitasi eksperimen dengan pembuatan komputasi dan komputasi fisik.

Lab terbuka untuk semua siswa dengan prosedur pemesanan. Pengenalan dan safety induction bagi mahasiswa dipersiapkan bagi mahasiswa baru S1 dan S2 arsitektur di semester baru.

id_IDIndonesian