Enter your keyword

Pameran Karya Tugas Akhir Epilogue: Di Balik Layar

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Pameran Tugas Akhir Sarjana Arsitektur merupakan salah satu rangkaian dari Syukuran Wisuda Oktober 2022 yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur – Gunadharma (IMA-G). Terdapat 44 karya wisudawan yang dipamerkan di Galeri Arsitektur pada tanggal 21 Oktober 2022 hingga 23 Oktober 2022.  Kegiatan ini berhasil mengundang 1.001 pengunjung dalam kurun waktu 3 hari.

Kegiatan pameran tugas akhir yang biasa disebut “Epilogue” ini memiliki tema The Void. The Void merupakan konsep kekosongan ruang yang pada tema ini menjadi simbol mula perjalanan wisudawan yang masih kosong akan ilmu arsitektur. Sehingga The Void dirasa tepat untuk menggambarkan mula perjalanan ini hingga ribuan proses untuk mengisi ruang kosong tersebut. Sedangkan untuk menggambarkan perjalanan tersebut, pameran ini memiliki alurnya tersendiri.

Karya-karya wisudawan disusun menggunakan panel-panel dan dikelompokkan berdasarkan tipologinya. Terdapat 6 tipologi diantaranya: (1) Cultural, (2) Tourism, (3) Commercial, (4) Productivity, (5) Residential, (6) Education. Tidak hanya karya tugas akhir wisudawan, pameran juga dilengkapi oleh dokumentasi-dokumentasi wisudawan dalam mengerjakan Tugas Akhir. Terdapat pula barang-barang pribadi wisudawan yang memiliki kisah dibaliknya semasa pengerjaan Tugas Akhir mereka. Dengan begitu pameran ini menjadi lebih personal bagi para wisudawan dan mengajak pengunjung untuk memahami bahwa perjalan penuh tantangan lebih dari ekspektasi menyambut di arsitektur. Mimpi-mimpi lama yang terpendam, waktu tidur yang dikorbankan, ditemani pensil dan penghapus, melewati hari-hari penuh perjuangan di gedung ini. Dari sinilah pameran ini diberi nama, “Epilogue: Di Balik Layar”.

Epilogue merupakan salah satu wadah publikasi karya sekaligus wadah apresiasi bagi mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan studinya. Dengan harapan, karya-karya mereka dapat memberikan inspirasi yang luas bagi seluruh pengunjung. Khususnya untuk pengunjung yang berminat untuk memasuki dunia arsitektur, mahasiswa yang sedang menjalani studinya di bidang arsitektur, ataupun para penikmat pameran arsitektural.

Dokumentasi kegiatan ada pada foto-foto berikut :

Home
Jadwal dan Acara Tautan Penting Informasi Publik