Enter your keyword

Visiting Lecturer TIBA & AA (Architectural Association) Visiting School São Paulo

Visiting Lecturer TIBA & AA (Architectural Association) Visiting School São Paulo

Dr.-Ing. Andry Widyowijatnoko dari Kelompok Keahlian Teknologi Bangunan (KKTB), Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Institut Teknologi Bandung (ITB) diundang sebagai Visiting Lecturer untuk memberikan workshop konstruksi bambu di TIBA (Instituto de Tecnologias Intuitivas e Bio-Arquitetura). Pemberitahuan penyelenggaraan workshop ini terdapat dalam website berikut: https://www.tibario.com/bambu-andry.

TIBA merupakan sekolah alternatif yang didirikan tahun 1987 oleh Johan van Lengen, yang merupakan legenda dunia pelopor gerakan keberlanjutan (sustainable development movement) dan juga pengarang dari ‘The Barefoot Architect’s Manual’. Di markas TIBA di Bom Jardim, Rio de Janeiro, beberapa kali diadakan workshop oleh para ahli yang telah dikenal luas kepakarannya dalam bidang intuitive design, bio-architecture, bamboo construction, agroforestry dan PANCs (non-conventional edible plants). Peserta biasanya datang mayoritas dari Brazil, kemudian dari negara-negara di Amerika Latin dan juga dari dari Eropa.

Workshop bambu di TIBA mengambil tema Creative Bamboo Construction dengan sub tema tensegrity dan rection (reciprocal tension), dimana peserta dilatih untuk memahami konstruksi bambu dan selanjutnya membuat desain ‘amorphous bamboo tensegrity sculpture’. Workshop selama 4 hari berlangsung dari tanggal 30 Juni hingga 3 July 2022. Karena seluruh peserta menginap dan lokasi yang sama yang relatif terpencil, intensitas workshop berlangsung sangat tinggi. Hands-on workshop diadakan pada pagi hingga sore hari sedangkan kuliah penunjang dilakukan di malam hari. Di hari pertama workshop, peserta bekerja secara berkelompok untuk untuk menkonstruksikan model struktur tensegrity dengan menggunakan tusuk sate dan benang berdasarkan desain yang telah diberikan. Selanjutnya secara berkelompok, peserta diminta untuk mendesain struktur tensegrity amorf atau tanpa suatu bentuk geometri yang jelas. Adapun pelatihan konstruksi reciprocal tension dilakukan melalui pembuatan 3 struktur rection berbentuk heksagonal, roda dan kubah.

Peserta berjumlah 15 orang ditambah staf dan mahasiswa magang sejumlah 5 orang sehingga keseluruhan peserta workshop adalah 20 orang dari Brazil, Argentina dan Portugal. Peserta terdiri dari arsitek professional, ahli sipil bangunan, pematung, dan lain-lain.

Selain diundang dalam workshop bambu di TIBA, Dr.-Ing. Andry Widyowijatnoko juga diundang untuk mengisi kuliah tamu AA Visiting School São Paulo pada tanggal 11 Juli 2022 secara langsung. Program AAVS São Paulo merupakan kegiatan yang diadakan oleh Architecture Association School of Architecture London. Adapun website kegiatan ini ada dalam website berikut: https://saopaulo.aaschool.ac.uk/

Pelaksanaan AAVS São Paulo dilakukan di Universitário Belas Artes de São Paulo dari tanggal 7 Juli hingga 16 Juli 2022. Kegiatan ini diberitakan dalam link website berikut: https://novo.belasartes.br/belas-artes-recebe-o-workshop-aa-visiting-school-sao-paulo-2022-play-structures/
Selain pelaksanaan workshop dengan TIBA dan kuliah tamu di Program AAVS São Paulo, kunjungan ke Universitas São Paulo (USP) juga dilakukan pada tanggal 9 Juli 2022. USP adalah universitas negeri terbesar di Brazil. Kunjungan ditujukan untuk menjajaki kemungkinan kerjasama antara ITB dan USP di masa mendatan serta melihat sarana dan prasarana Departemen Arsitektur USP.

Rencana kerjasama paling dekat adalah akan diadakan kuliah tamu online untuk mahasiswa dan civitas akademika Departemen Arsitektur USP dalam beberapa bulan ke depan tentang konstruksi bambu. Hal ini dirasakan perlu oleh Dosen USP karena potensi bambu yang besar di Brasil belum dimanfaatkan dengan baik. Kurikulum pendidikan di sana juga tidak mewadahi kebutuhan pengembangan bahan berkelanjutan untuk konstruksi bangunan seperti bambu dan kayu. Oleh karena itu perlu dilakukan kuliah umum yang mendatangkan akademisi dan praktisi yang telah punya pengalaman dalam mempromosikan bambu untuk bahan bangunan.