Enter your keyword

Medali Emas (Gold Medal) dalam World Young Inventors Exhibition (WYIE) 2022

Medali Emas (Gold Medal) dalam World Young Inventors Exhibition (WYIE) 2022

Selamat kepada tim Kaisar Plannow yang terdiri dari kelompok mahasiswa Teknik Kelautan dan Perencanaan Wilayah dan Kota yakni: Rusdianto Effendi-15519035, Jerome Gerand-15519031, Evita Mahar Dewi-15419038, Amalia Nanda S.-15419023, dan Ayubella A.L.-15419046, yang berhasil menjadi Juara 1 dan memenangkan Medali Emas (Gold Medal) dalam World Young Inventors Exhibition (WYIE) 2022 yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada akhir Mei 2022.

World Young Inventors Exhibition (WYIE) adalah sebuah kompetisi penelitian untuk mendorong semangat dalam berkreasi dan berinovasi bagi peneliti muda. Kompetisi ini diselenggarakan olelh MINDS (Malaysian Invention and Design Society) dan merupakan acara unggulan tahunan ITEX (International Invention, Innovation, and Technology Exhibition) untuk peneliti muda.

Tim Kaisar Plannow menyusun penelitian berjudul Design of Integrated Coastal Defense and Smart Grid Renewable Energy Power Plant for Mundu Bay Sustainable Development Based on Shoreline Management Plan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa Kabupaten Cirebon merupakan kawasan ekonomi khusus yang berada di kawasan “Segitiga Rebana” yang meliputi Subang, Majalengka, Indramayu, Cirebon, dan Sumedang.

Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah analisis spasial dan perancangan solusi berbasis mitigasi bencana dan perencanaan energi berkelanjutan. Pertahanan Pesisir Terpadu (yang terdiri dari pertahanan alami dan pertahanan rekayasa keras) dan Pembangkit Energi Listrik Terbarukan berdasarkan Shoreline Management Plan (Rencana Pengelelolaan Garis Pantai) yang tim namakan sebagai Multipurpose Breakwater akan menjadi salah satu solusi untuk Pembangunan Berkelanjutan Teluk Mundu.

Selamat kepada tim, semoga membawa energi positif bagi mahasiswa lainnya.