Enter your keyword

Pemenang III Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung Kompleks Perkantoran Legislatif di Ibu Kota Nusantara (IKN)

Pemenang III Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung Kompleks Perkantoran Legislatif di Ibu Kota Nusantara (IKN)

Selamat kepada Ir. Achmad Deni Tardiyana, MUDD, IAI bersama tim dari PT. Urbane Indonesia berhasil menjadi Pemenang III Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung Kompleks Perkantoran Legislatif di Ibu Kota Nusantara (IKN), yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Cipta Karya, pada 28 Juni 2022.

Konsep desain dengan judul Lingkar Demokrasi pada  perancangan gedung legislatif ini bertolak dari 3 pertimbangan utama: program ruang yg luas dan kompleks, nilai-nilai simbolik gedung representasi rakyat Indonesia dan konteks lingkungan terutama kontur lahan yg rumit. Sebagai respons terhadap program ruang kompleks gedung dibagi menjadi 3 bagian yaitu DPR, DPD, MPR, Ruang sidang paripurna dan hall entrance yang bersifat multi fungsi. Pembagian 5 masa bangunan ini merepresentasikan 5 sila Pancasila sebagai dasar negara. Titik utama berupa rusng sidang paripurna diletakkan pada sumbu Tri Praja yang mengikat ketiga gedung utama IKN yaitu gedung istana presiden, gedung yudikatif dan legislatif.

Seluruh gedung membentuk massa bangunan berupa lingkaran terutama didasarkan pada konsep musyawarah yg ditemukan pada banyak tradisi dimana semua keputusan dilakukan oleh warga dalam bentuk lingkaran yg merepresentasikan keterwakilan dan kesetaraan.

Konsep lain yang ditawarkan rancangan gedung ini dalam merespon kontur yang rumit adalah dengan mengangkat seluruh bangunan dalam bentuk bangunan panggung sehingga gangguan terhadap lahan berupa cut and fill dihindari.