Enter your keyword

Silabus 2013 Program Studi S1 PWK

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
SILABUS DAN SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)
NO KODE MATA KULIAH Silabus Ringkas
1  AR1101 Dasar Perencanaan dan Perancangan Mata kuliah ini memperkenalkan dasar-dasar pengetahuan, proses dan prospek dalam bidang perencanaan wilayah & kota (PWK) dan perancangan arsitektur
2  PL1201 Teknik Komunikasi dan Presentasi Kuliah ini memberikan pengenalan, pemahaman dan penguasaan teknik-teknik komunikasi dan presentasi dalam bidang perencanaan wilayah dan kota serta perancangan arsitektur.
3  GL21CD Pengantar Geologi Tata Lingkungan Kuliah ini menelaah berbagai aspek geologi lingkungan bagi perencanaan wilayah/kota, meliputi aspek sumber daya geologi dan aspek kebencanaan geologi yang berperanan sebagai pendukung dan pembatas pembangunan
4  PL2101 Lingkungan dan Sumberdaya Alam Kuliah ini menelaah berbagai aspek lingkungan dam pengelolaan sumber daya alam bagi perencanaan yang berperanan sebagai pendukung dan pembatas pengembangan wilayah dan kota
5  PL2102 Pola Lokasi dan Struktur Ruang Analisis Lokasi dan Pola Keruangan merupakan salah satu mata kuliah dasar keahlian perencanaan wilayah dan kota dalam Program Studi Sarjana Perencaaan Wilayah dan Kota, SAPPK- ITB. Dalam mata kuliah ini akan diberikan dasar-dasar kajian organisasi tata ruang; penentuan lokasi secara individual; pola keruangan yang terbentuk secara agregat; implikasi sosial yang ditimbulkannya; intervensi dan preskripsi atas permasalahan lokasi dan penggunaan ruang.
6  PL2103 Pengantar Data Spasial Kuliah ini berisi pengetahuan tentang peta untuk perencanaan tata ruang (sebagai input, proses maupun output)
7  PL2104 Aspek Kependudukan dalam Perencanaan Mengajarkan dasar-dasar analisis sosial dan kependudukan
8  PL2105 Metoda Analisis Perencanaan I Mempelajari Metoda Analisis Statitstik untuk perencanaan, mulai dari Konsep Dasar Analisis Statistik, Analisis Statistik Diskriptif sampai dengan  Analisis Statistik Inferensial, baik satu maupun dua variable secara simultan.
9  PL2151 Pengantar Ekonomika Kuliah ini membekali wawasan dan keterampilan bagi mahasiswa untuk mengenal perekonomian suatu wilayah mulai dari struktur perilaku makroekonomi suatu wilayah, dan perilaku mikroekonomi atau individu dalam suatu ruang wilayah, untuk dapat memperkirakan kemampuan dan potensi ekonomi suatu wilayah dengan memperhitungkan faktor eksternal terutama keterkaitannya dengan wilayah lain dan kemampuan internal pembiayaan publik dan investasi swasta.
10  PL2201 Tata Guna Lahan Perkuliahan ini mempelajari proses menata guna lahan baik secara teoritis maupun untuk konteks Indonesia sebagai dasar bagi mata kuliah studio.
11  PL2202 Metoda Analisis Perencanaan II Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari Metoda Analisis Perencanaan I dan mengajarkan konsep dasar metoda analisis perencanaan yang berkaitan dengan analisis yang dilakukan dalam seluruh tahapan proses perencanaan, baik yang berupa analisis kuantitatif maupun analisis kualitatif.
12  PL2209 Studio Proses Perencanaan Mengenal  dan memahami  proses perencanaan yang mendasar, serta menerapkan proses pengumpulan data dan pengolahannya menjadi informasi perencanaan
13  PL2211 Sistem Perumahan Kuliah ini membahas teori, masalah, dan potensi pembangunan perumahan sebagai suatu sistem yang terkait dengan masalah sosial, budaya, tehnologi, ekonomi dan politik.
14  PL2231 Pengantar Infrastruktur Wilayah dan Kota Mata kuliah ini menjelaskan elemen-elemen yang terdapat dalam sistem infrastruktur dan transportasi
15  PL2241 Hukum Perencanaan Mata kuliah ini mengenalkan mengenai prinsip-prinsip ilmu hukum, kerangka hukum administrasi serta peranannya dalam perencanaan
16  PL2251 Ekonomika Wilayah dan Kota Kuliah ini membekali wawasan dan ketrampilan bagi mahasiswa untuk mengenali perekonomian suatu wilayah mulai dari struktur perilaku makro ekonomi suatu wilayah, dan perilaku mikroekonomi atau individu dalam suatu ruang wilayah, untuk dapat memperkirakan (assessment) kemampuan dan potensi ekonomi suatu wilayah dengan memperhitungkan faktor eksternal terutama keterkatiannya dengan  wilayah lain dan kemampuan internal pembiayaan publik dan investasi swasta.Selain konteks wilayah yang lebih luas, pembahasan juga akan diarahkan pemahaman secara detil untuk persoalan sektoral pada suatu wilayah atau kota tertentu. Pemahaman ini kemudian melalui suatu simulasi atau contoh kasus akan dijadikan  bahan pertimbangan untuk dapat merumuskan suatu proposal kebijakan ekonomi bagi wilayah tersebut, dan masukan dalam kebijakan yang lebih luas terutama dalam perencanaan wilayah dan kota.
17  PL3101 Sistem Sosial dan Pengembangan Komunitas Matakuliah ini menjelaskan komunitas masyarakat sebagai subyek dalam perencanaan, dan bagaimana pengorganisasian, penciptaan jejaring, upaya analisis yang dilakukan oleh masyarakat akan memberdayakan masyarakat itu sendiri. Tujuan akhir dari pengembangan komunitas adalah mengenai penciptaan masyarakat madani, sejahtera dan berkeadilan sosial.
18  PL3111 Perencanaan Kota Perkuliahan ini memberikan pemahaman mengenai perencanaan kota baik sebagai suatu konsep teoritis dan metodologis maupun sebagai aspek praktis yang berkembang dan dilaksanakan di Indonesia
19  PL3119 Studio Perencanaan Tapak Perumahan Studio Perencanaan Tapak memberikan pemahaman proses dan teknik perencanaan tapak, serta melatih keterampilan membuat rencana tapak lingkungan perumahan.
20  PL3131 Perencanaan Infrastruktur Wilayah dan Kota Mempelajari prosedur dan tahapan, serta metoda perencanaan infrastruktur dan transportasi
21  PL3141 Pembiayaan Pembangunan Mata kuliah ini memperkenalkan upaya-upaya pembiayaan pembangunan wilayah dan kota yang dilakukan di berbagai negara maju dan negara sedang berkembang, termasuk Indonesia, sesuai dengan tahapan dan kondisinya, terutama dalam rangka mendukung perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan secara berkelanjutan.
22  PL 3219 Studio Perencanaan Kota Matakuliah ini merupakan wahana latihan untuk mengembangkan kemampuan preskripsi, menerapkan pengetahuan teori, konsep, pendekatan dan metoda analisis perencanaan kota ke dalam kasus nyata suatu kota terpilih secara menyeluruh sehingga dapat dihasilkan produk rencana yang akan berfungsi sebagai arahan pengembangan kota di masa yang akan datang. Konsep atau pendekatan yang spesifik dipilih berdasarkan pertimbangan obyektif/deduktif ataupun berdasarkan pada persoalan kota kasus yang dipilih.
23  PL3221 Perencanaan Wilayah Matakuliah dasar perencanaan pengembangan wilayah yang membekali mahasiswa dengan pokok bahasan-pokok bahasan mengenai pengertian dasar serta esensi pengembangan wilayah, teori-teori pertumbuhan wilayah, konsep-konsep pengembangan wilayah, dan kasus-kasus pengembangan wilayah di Indonesia
24  PL3222 Perencanaan Perdesaan Kuliah ini menjabarkan pengembangan wilayah dalam konteks perdesaan.
25  PL3239 Studio Infrastruktur dan Transportasi Studio ini bertujuan untuk memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam penerapan teori dan konsep perencanaan infrastruktur dan transportasi pada kasus atau persoalan nyata pada skala kota dan/atau wilayah. Materi studio dibagi dalam 2 (dua) bahagian, yaitu (1) perencanaan sistem infrastruktur dan (2) perencanaan sistem transportasi dan tataguna-lahan.
26  PL3241 Manajemen & Administrasi Pembangunan Kuliah ini memberikan pengetahuan, pengertian, dan pemahaman atas aspek-aspek manajemen pembangunan dan administrasi pembangunan secara konseptual maupun yang nyata diterapkan saat ini, serta implikasinya dalam proses dan prosedur pengelolaan pembangunan wilayah dan kota pada umumnya, dan penataan ruang pada khususnya.
27  PL4101 Metode Penelitian Mata kuliah ini menggiring mahasiswa strata satu di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota mempersiapkan diri dalam memilih topik penelitian, bagaimana cara meneliti dan menghasilkan penelitian yang bersifat ilmiah, akademik dan menyesuaikan dengan kapasitasnya sebagai mahasiswa strata satu. Didalami perspektif berkenaan dengan pendekatan positifis, dan pasca positivis yang mendasari banyak penelitian PWK dan cara menjalankan penelitian tersebut.
28  PL4102 Teknik Evaluasi Perencanaan Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan evaluasi terhadap perencanaan, baik yang sifatnya ex-ante maupun ex-post. Secara umum, materi perkuliahan terbagi menjadi tiga bagian, yaitu: konsep evaluasi perencanaan, metode dan teknik evaluasi perencanaan, serta latihan dengan isu-isu kontemporer dalam evaluasi perencanaan.
29  PL4103 Sistem Informasi Perencanaan Kuliah ini berisi pengetahuan tentang sistem informasi perencanaan sebagai basis dalam proses perencanaan.
30  PL4112 Perancangan Kota Matakuliah Perancangan kota melatih mahasiswa dalam menyusun rencana rancang kota (urban design plan)  untuk  obyek fungsional dan ruang publik dalam bentuk 3 dimensi secara lengkap dan menuangkannya ke dalam laporan profesional.
31  PL4129 Studio Perencanaan Wilayah Pada semester VII diharapkan mahasiswa telah mendapat pengetahuan yang cukup mengenai berbagai aspek pengembangan wilayah. Studio ini dimaksudkan sebagai suatu tempat untuk menerapkan semua pengetahuan tersebut untuk dapat mengenali, menganalisis serta menyusun konsep pengembangan suatu wilayah dengan data yang sesungguhnya. Wilayah yang dimaksud dalam studio ini mencakup pengertian yang luas baik wilayah yang terbentuk secara administratif, maupun karena faktor nodalitas atau homogenitas.
32  PL4190 Kerja Praktek Matakuliah ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk memperoleh pengalaman praktek kerja di lapangan dengan menerapkan ilmu yang telah diperolehnya di dalam semua matakuliah yang pernah ditempuh.  Di dalam kerja praktek ini mahasiswa diharapkan ikutserta di dalam kegiatan praktis bidang perencanaan wilayah dan kota, serta mengenali dan memiliki pengalaman dalam menangani masalah-masalah pembangunan yang nyata.
33  PL4201 Teori Perencanaan Matakuliah ini membahas tentang teori , falsafah serta proses dalam prosedur perencanaan yang mendasari proses perencanaan wilayah dan kota.Di dalamnya terdapat pemahaman rasionalitas instrumental, komunikatif, pendekatan radical, dan convensional serta, dalam konteks post modern planning. mata kuliah ini belajar mengenai penjembatan antara teori dan praktek, interpretasi teori Perencanaan dalam spatial planning, evaluasi, peran perencana dan etika perencanaan.
34  PL4202 Pengendalian Pembangunan Mata kuliah ini mengenalkan prinsip-prinsip, konsep, dan pengaturan dalam pengendalian Perencanaan Pembangunan dan Penataan Ruang, serta pelaksanaannya di lapangan
35  PL4290 Tugas Akhir Mata kuliah ini merupakan syarat akhir mahasiswa program S1 untuk menyelesaikan studinya di Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Departemen Teknik Planologi.
36  PL3001 Aspek Kebencanaan Dalam Perencanaan Mata kuliah ini menelaah dan meninjau berbagai aspek kebencanaan yang harus dipertimbangkan dalam proses perencanaan wilayah dan kota
37  PL3002 Topik Khusus Perencanaan I Kuliah ini membahas satu topik khusus/tertentu yang terkait dengan Perencanaan Wilayah dan Kota.
38  PL3011 Pengembangan Lahan Kuliah ini akan memberikan penekanan pada pengetahuan mengenai teori, masalah dan potensi pengembangan lahan, serta perangkat mekanisme pengembangan lahan
39  PL3031 Ekonomika Infrastruktur dan Transportasi Kuliah ini memberikan pemahaman akan infrastruktur dan khususnya transportasi dari perspektif ekonomika sehingga mahasiswa dapat mengerti system bekerjanya prinisp-prinisp ekonomi sehingga dapat dijadikan masukan dalam perencanaan wilayah dan kota.
40  PL4001 Pengantar Kepariwisataan Mengajarkan pengertian, komponen (penawaran dan permintaan), faktor yang memengaruhi, dampak, pendekatan dan proses perencanaan pariwisata.
41  PL4002 Pengembangan Kawasan Pesisir Perkuliahan ini membahas teori-teori dasar dan praktek penerapan pengembangan kawasan pesisir terpadu berwawasan pembangunan berkelanjutan.
42  PL4003 Pemodelan Wilayah dan Kota Kuliah Pemodelan Wilayah dan Kota diharapkan bisa memberikan peran antar muka (interface) terhadap dimensi aspirasi publik, sehingga antara proses teknis-analitik dan aspirasi politisi bisa difasilitasi.
43  PL4004 Perencanaan Partisipatif Konsep dan metode-metode perencanaan partisipatif dalam konteks perencanaan publik
44  PL4005 Kapita Selekta Kapita Selekta adalah serangkaian kuliah yang disusun berdasarkan tema dan subyek tertentu dalam bidang Perencanaan Wilayah dan Kota.
45  PL4006 Topik Khusus Perencanaan II Kuliah ini membahas satu topik khusus/tertentu yang terkait dengan Perencanaan Wilayah dan Kota.
46  PL4007 Sistem Inovasi Kota dan Wilayah Kuliah ini pada dasarnya  membahas elemen-elemen dan relasi antara aktor di kota/wilayah dalam mendorong proses penciptaan dan difusi inovasi. Pemahaman tentang proses pencipataan inovasi,difusi inovasi serta kontribusinya dalam  mendorong perkembangan wilayah dan kota akan dieksplorasi dalam kuliah ini
47  PL4008 Seminar Studi Futuristik Seminar ini mengajarkan pada mahasiswa mengenai pandangan dan perspektif masa depan, sifat-sifatnya, periode waktu mempelajari masa depan, pandangan holistik/sistem tempat manusia di jagat raya sebagai sistem dalam sistem, subjek utama yang dipelajari oleh para futuris, metode untuk mempelajari perubahan dan masa depan, langkah-langkah dalam mendesain dunia alternatif masa depan, yang berkaitan dengan perencanaan wilayah dan kota.
48  PL4012 Peremajaan Kota dan Perencanaan Kota Baru Kota merupakan suatu pemusatan atau konsentrasi penduduk dengan berbagai kegiatan hidup dan kehidupannya. Kota yang berkembang akan meningkatkan permasalahan berupa beban untuk dapat memenuhi kebutuhan penduduk tersebut dan menempatkan sejumlah penduduk yang berkembang.Mata kuliah ini akan mempelajari Fenomena dan karakteristik kota dan perkembangnya kota ; Esensi dan pertimbangan usaha Meremajakan Kota melalui suatu Perencanaan  Peremajaan Kota (Urban Redevelopment) dan usaha penyelesaian perkembangan kota besar dengan mengembangkan dan merencanakan kotabaru yang mendasarkan kepada tipologinya sebagai kotabaru penunjang atau kotabaru mandiri.
49  PL4031 Kelembagaan Transportasi Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang teori kelembagaan serta aplikasinya dalam perencanaan transportasi dan implementasinya. Pemahaman kelembagaan dalam transportasi dikembangkan melalui sudut pandang normative yang berbasis teori serta praktis berdasarkan regulasi dan bentuk-bentuk kelembagaan transportasi yang ada.
50  PL4032 Pemodelan Transportasi Kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang prinsip dasar pemodelan transport serta pengenalan berbagai metoda analisa sistem transportasi
51  PL4041 Pengantar Pembiayaan Perkotaan Mata kuliah ini mempelajari konsekuensi suatu kebijakan pemerintah/pemerintah subnasional dan dinamika kebijakan fiskal antar pemerintah subnasional terhadap ekonomi subnasional dan kesejahteraan/kepentingan masyarakatnya. Lebih spesifik lagi, analisis keuangan perkotaan menaruh perhatian lebih pada konsekuensi kebijakan pemerintah/ pemerintah subnasional pada issue efisiensi dan keadilan dalam ekonomi yang terbuka dan dinamis secara spasial.
52  PL4042 Perencanaan dan Politik Mata kuliah ini memperkenalkan peran politik dalam praktek perencanaan wilayah dan kota, yang berimplikasi pada pengubahan output perencanaan yg semula berdasarkan teknikal administratif, dan pengubahan peran perencana sebagai agen pembangunan
Home
Jadwal dan Acara Tautan Penting Informasi Publik