Enter your keyword

Silabus Program Studi Doktor Perencanaan Wilayah dan Kota

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
No.
Kode Nama Kuliah
Silabus
1
 PL7001 Filsafat Ilmu Pengetahuan (3) Matakuliah ini membahas perkembangan paradigma pemikiran filsafat dan pengaruhnya pada pemikiran ilmu pengetahuan dan bagaimana menyusun suatu riset ilmiah yang baik. Kuliah ini menjelaskan berbagai pengertian, lingkup dan pemikiran filsafat ilmu pengetahuan serta masalah-masalah pengetahuan dan ilmu pengetahuan dan dampaknya kepada cara pandang suatu disiplin ilmu pengetahuan.
2
 PL7002 Metodologi Penelitian (3)  –
3
 PL7003 Ujian Kualifikasi (3) Matakuliah ini berisikan aktifitas mempersiapkan mahasiswa dan dosen dan menguji mahasiswa S3 yang telah menempuh selesai menempuh perkuliahan wajib di semester sebelumnya agar dapat menunjukkan kemampuan dan ketrampilannya dan siap untuk melaksanakan tahapan penelitian dan penulisan disertasi yang mandiri, terstruktur dan bertanggung jawab. Setiap mahasiswa S3 hanya dapat mengambil mata kuliah ini sejak semester 2 tahun pertama. Apabila persyaratannya dipenuhi tepat waktu, maka mahasiswa mendapat kesempatan diujikan dua kali, apabila gagal pertama kali.
4
 PL7004 Proposal Penelitian (5) Matakuliah ini memfasilitasi proses memadukan antara kemampuan analitis dan sintesa substantif mahasiswa dengan ketrampilan kritis dalam menyusun proposal penelitian yang mengajukan pemahaman baru mengenai perencanaan dan pembangunan, menunjukkan ketrampilan riset yang terarah, terstruktur dan matang, serta kekurangan dan kelebihan secara filosofis dari metode riset yang akan digunakan, hasil akhir yang ingin dicapai. Interaksi mata kuliah ini intensif dalam proses penyelesaian proposal penelitian yang terarah dan berkualitas setara dengan penelitian yang menghasilkan produk baru.
5
 PL7111 Seminar Teori Perencanaan (2) Seminar membahas perkembangan planning theory secara umum dan secara khusus membahas “letak” topik usulan penelitan mahasiswa di dalam khasanah planning theory.
6
 PL7121 Seminar Pola dan Struktur Keruangan (2) Seminar membahas teori lokasi, pendekatan teori lokasi, dan perubahan keruangan. Juga dibahas aktifitas yang membentuk pola keruangan dari pandangan ekonomi geografi.
7
 PL7123 Seminar Ekonomika Wilayah dan Kota (2) Mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memberikan diskusi dan tanggapan terhadap berbagai topik maupun isu terbaru di seputar ekonomi wilayah dan kota.
8
 PL7124 Seminar Kelembagaan dan Pembiayaan Pembangunan (2) Mata kuliah ini merivew dan mendiskusikan tentang upaya-upaya berkelanjutan dalam mengadmiistrasikan, melembagakan, dan membiayai pembangunan, khususnya menciptakan perencanaan pembangunan sebagai kegiatan efektif yang dilaksanakan pemerintah (sektor publik) bersama-sama peran stakeholders pembangunan lainnya.
9
 PL7201 Seminar Sumber Daya dan Lingkungan (2) Matakuliah ini mendiskusikan konteks, setting, peran, posisi dan interaksi aktor serta isu yang lingkungan hidup maupuan lingkungan binaan yang membentuk dan menjadi acuan dasar dalam perencanaan wilayah dan kota. Selain membicarakan mengenai konteks dan setting lingkungan hidup yagn mengarah pada perubahan kehidupan masyarakat juga lingkungan binaan, termasuk diantaranya kapasitas masyarakat dan social learning.
10
 PL7223 Seminar Isu-Isu Pembangunan (2) Kuliah Isyu-isyu Pembangunan memperluas wawasan mahasiswa dengan pemahaman secara kritis mengenai persoalan dan isu pembangunan di dunia dan Indonesia yang relevan dengan kegiatan perencanaan. Pemahaman ini bahkan dapat menjadi dasar tambahan dalam melengkapi pemahaman teknis perencanaan, sehingga proses kegiatan perencanaan, baik pada tingkatan makro, medium maupun lokal sebaiknya sudah mempertimbangkan persoalan dan isyu pembangunan terkait secara objektif. Catatan: Separuh kandungan isi kuliah disesuaikan dengan isu terakhir yang berkembang, dengan tetap memberikan dasar-dasar isu pembangunan.
11
 PL8001 Seminar Doktoral I (5) Matakuliah ini memfasilitasi dan memperkuat ketrampilan kritis dalam formulasi disain riset dan rencana disain ke lapangan yang terstruktur dan terarah, serta kekurangan dan kelebihan secara filosofis dari metode riset yang akan digunakan
12
 PL8002 Seminar Doktoral II (5) Matakuliah ini memfasilitasi dan memperkuat ketrampilan kritis dalam penggunaan metode penelitian dari lapangan dan mengenai distorsi, bias, dan termasuk bias dalam penelitian yg memiliki manusia sebagai subyek
13
 PL8003 Penulisan Makalah Pada Prosiding Nasional (2)  –
14
 PL8004 Penulisan Makalah Pada Prosiding Internasional (2)  –
15
 PL8005 Studi Mandiri (2)  –
16
 PL9001 Seminar Doktoral III (5) Matakuliah ini memfasilitasi dan memperkuat pemaknaan hasil penelitian atau temuan untuk diintegrasikan ke dalam conceptual thinking atau theoretical construct yg sudah telah dibuat; juga mengidentifikasi beberapa temua lapangan yg memperkuat atau memperlemah conceptual thinking atau theoretical construct yang telah dibangun terlebih dahulu.
17
 PL9002 Seminar Doktoral IV (5) Matakuliah ini memfasilitasi dan memperkuat ketrampilan kritis dalam penulisan dan presentasi hasil penelitian atau disertasi agar sesuai dengan format akademis sekaligus memaknai hasi penelitian dalam konteks academic rigour dan dalam pemaknaan keilmuan
18
 PL9003 Penulisan Makalah dalam Jurnal Nasional (2)  –
19
 PL9004 Penulisan Makalah dalam Jurnal Internasional (2)  –
20
 PL9098 Ujian Disertasi (3)
Home
Jadwal dan Acara Tautan Penting Informasi Publik