Enter your keyword

Pidato Ilmiah Guru Besar Institut Teknologi Bandung Prof. Roos Akbar, Ph.D.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Pada hari Jum’at, 27 Januari 2012, bertempat di Gedung Balai Pertemuan Ilmiah (BPI) ITB, Majelis Guru Besar (MGB) ITB menyelenggarakan kegiatan Pidato Ilmiah Guru Besar Prof. Roos Akbar, Ph.D. dengan judul “Data dan Informasi dalam Proses dan Implementasi Perencanaan Tata Ruang”.

Acara dibuka oleh Ketua Majelis Guru Besar Prof. Harijono A. Tjokronegoro didampingi Sekretaris Majelis Guru Besar Prof. Hendra Gunawan. Dalam pembukaannya, Ketua MGB membacakan kurikulum vitae Prof. Roos Akbar, Ph.D. dilanjutkan dengan Pidato Ilmiah.

Hadir pada acara tersebut adalah Ketua dan Anggota Majelis Guru Besar ITB, keluarga, dan tamu undangan serta staf pengajar di lingkungan SAPPK ITB. Acara berlangsung dari pukul 14.00 s.d. 15.00 WIB.

Dalam paparannya yang terangkum pada kata pengatar, Prof. Roos Akbar, Ph.D. menyampaikan:

Terima kasih yang sebesar-besarnya Penulis sampaikan kepada pimpinan dan seluruh anggota Majelis Guru Besar Institut Teknologi Bandung yang telah memberi kesempatan untuk menyampaikan Pidato Ilmiah. Semoga apa yang kita lakukan pada hari ini akan bermanfaat terutama bagi ITB dan bangsa dan negara tercinta.

Pidato ilmiah ini berjudul “Data dan Informasi dalam Proses dan Implementasi Perencanaan Tata Ruang”. Judul ini memang terkesan tidak menarik, tetapi ternyata data dan informasi merupakan kebutuhan yang tidak dapat ditawar lagi. Kebutuhan untuk melakukan praktek “good governance” misalnya, tidak akan dapat dilakukan jika tidak terpenuhinya syarat transparansi dan akuntabilitas. Tulisan ini merupakan perjalanan panjang penulis yang masih belum selesai tentang bagaimana data dan informasi seharusnya menjadi faktor utama dalam proses penyusunan rencana tata ruang dan pengambilan keputusannya hingga implementasinya. Data dan informasi di Indonesia, nampaknya sangat diabaikan terbukti dengan kesimpulan bahwa rencana disusun hanya berdasarkan data yang tersedia dan bukannya data yang dibutuhkan. Mungkin karena sifat data itu sendiri yang tidak nampak wujudnya sedangkan keputusan bisa saja diambil tanpa data menyebabkan persoalan data dan informasi di Indonesia masih perlu menjadi kajian yang menarik.

Materi Pidato Ilmiah Prof. Roos Akbar, Ph.D. bisa dilihat di file 1 dan 2.

 

Home
Jadwal dan Acara Tautan Penting Informasi Publik